Kreatif, Jiwel Jajanan Tradisional Khas Jawa Diubah Jadi Cemilan Kripik Kriuk

Arbi Anugrah
Kreatif, Jiwel Jajanan Khas Jawa yang Hampir Punah Diubah Jadi Cemilan Kripik Kriuk. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.idJiwel adalah salah satu makanan tradisional bertekstur lembut dan kenyal serta terbuat dari bahan dasar singkong. Jiwel merupakan jajanan pasar yang biasanya dihidangkan bersama parutan kelapa.

Makanan tradisional Jiwel biasanya banyak ditemui di seluruh Jawa, akan tetapi dengan nama yang berbeda. Namun bagi sebagian masyarakat Kabupaten Purbalingga, jajanan kenyal ini biasa disebut dengan nama Jiwel.


Jiwel adalah salah satu makanan tradisional bertekstur lembut dan kenyal serta terbuat dari bahan dasar singkong. Foto: Dok Cookpad

 

Kini, di tangan kreatif Atikah (25) warga Desa Karanggambas, Kecamatan Padamara Purbalingga, Jiwel diubah menjadi sebuah kripik yang memiliki sensasi gurih dan renyah bernama keripik jiwel atau kriwel. Tentunya juga dengan pengemasan yang apik hingga dapat bertahan lama.

Menurut Atikah, ide awal dirinya memproduksi keripik jiwel atau kriwel dengan brand Mbok Ros ini pada tahun 2019. Idenya bermula saat dia mengunjungi sebuah tempat produksi kriwel. 

Dengan berbagai percobaan yang dilakukan, dirinya berhasil menemukan komposisi bahan baku yang tepat untuk produknya tersebut. 

Editor : Arbi Anugrah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network