Sinovac Biotech Siapkan Vaksin Lawan Varian Omicron

Mohammad Adrianto S
Sinovac Biotech Ltd perusahan vaksin di China  menyatakan akan meluncurkan vaksin yang bisa melawan varian Omicron.(Foto: Reuters)

Perusahan Sinovac Biotech sendiri sebelumnya sudah mengeluarkan vaksin CoronaVac untuk melawan varian omicron. Mereka sudah menguji coba tingkat efikasi vaksin tersebut.

Mereka merekrut 20 orang yang menerima dua dosis CoronaVac. Selain itu, perusahaan tersebut juga menyungtik 48 orang dengan 3 dosis CoronaVac.

Meng mengungkapkan, tujuh orang dari kelompok dua dosis memiliki neutralizing antibody terhadap Omicron. Sementara untuk penerima booster, 45 dari 48 atau 94 persen memiliki kadar neutralizing antibody melawan varian Omicron.

"Data ini menunjukkan bahwa pemberian dosis booster dapat meningkatkan kemampuan penetralan vaksin terhadap varian Omicron," tulis Sinovac Biotech mengutip Global Times, Rabu (15/12/2021).

Tidak hanya itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia sedang menguji cobakan vaksin homolog CoronaVac dan vaksin heterolog mRNA buatan Moderna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Hasilnya, vaksin heterolog, yakni Moderna bisa meningkatkan titer antibodi hingga 67 kali. Sementara vaksin CoronaVac, meningkatkan titer antibodi hingga 7-8 kali. 

Diketahui, untuk booster homolog dengan Sinovac, diamati bahwa peningkatan titer antibodi terjadi 1 bulan setelah penyuntikan. Peningkatannya 7-8 kali dari segi titer antibodi dengan median 2.246 unit per mili.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network