40 Warga di TPA Kaligending Kebumen Dapat Bantuan Biogas 

Elde Joyosemito
PT SUCOFINDO bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kelautan serta Perikanan (DLHKP) Kabupaten Kebumen dalam mengoptimalkan penggunaan biogas dari sampah. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-PT SUCOFINDO bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kelautan serta Perikanan (DLHKP) Kabupaten Kebumen dalam mengoptimalkan penggunaan biogas di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kaligending, Kebumen, Jawa Tengah. 

Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk mendorong ekonomi berkelanjutan di Kabupaten Kebumen dan juga memberikan manfaat kepada penduduk di sekitar TPA Kaligending.

Kolaborasi ini merupakan bagian dari perayaan ulang tahun ke-67 PT SUCOFINDO dan secara simbolis diresmikan oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT SUCOFINDO, Budi Hartanto, bersama Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten, Asep Nurdiana.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, mengungkapkan bahwa masalah sampah merupakan permasalahan yang kompleks, terutama meningkatnya jumlah sampah yang berkontribusi terhadap gas rumah kaca (GRK).

"Dalam hal ini, kerja sama dengan PT SUCOFINDO memungkinkan kita mengubah limbah menjadi biogas yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di sekitar TPA Kaligending," ujar Arif Sugiyanto di TPA Kaligending pada hari Kamis (24/8/2023).

Asep Nurdiana, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten, juga mengapresiasi PT SUCOFINDO atas pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk menjaga kelestarian lingkungan di Kabupaten Kebumen.

"Kami memberikan penghargaan kepada PT SUCOFINDO atas partisipasi dalam program TJSL yang mendukung aksi mitigasi perubahan iklim melalui pengelolaan limbah, terutama limbah padat," ucapnya.

Program TJSL yang dilaksanakan meliputi pembangunan sumur biogas, perluasan jaringan distribusi biogas, penyediaan kompor biogas, pembentukan kelompok masyarakat (pokmas/KSM) sebagai pengelola perawatan fasilitas biogas, sosialisasi perawatan jaringan distribusi biogas dan tanggap darurat, penyusunan rencana aksi mitigasi untuk registrasi di Sistem Registrasi Nasional (SRN), serta sosialisasi pengelolaan sampah dan konsep ekonomi berkelanjutan.

Editor : Elde Joyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network