Beras Diet dan Tepung Rendah Gluten hingga Produk Eks Napi Teroris Dipamerkan di UMP

Arbi Anugrah
Beras Diet dan Tepung Rendah Gluten hingga Produk Eks Napi Teroris Dipamerkan di UMP. Foto: Dok UMP

Ketua Yayasan Derap Bakti Pertiwi, Adi Jihadi mengatakan keberadaan yayasan ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam melakukan deradikalisasi dan pencegahan pemahaman radikalisme di masyarakat. Mereka berfokus pada pembinaan dan pendampingan para mantan narapidana terorisme (napiter).

Selain itu yayasan ini juga juga membantu penyintas napiter ini melakukan pemberdayaan terutama di bidang ekonomi. Mereka mendorong produk UMKM dari para napiter ini untuk bisa memiliki standar yang ditetapkan pemerintah melalui BPOM.

"Ada beberapa produk UMKM dari penyintas napiter ini yang sudah dapat sertifikat dari BPOM, seperti sirup jahe maupun abon ini. Pengurusannya dibantu oleh Densus 88 AT maupun BNPT RI," kata dia

Dia juga berharap ada program pemberdayaan dari MPM PWM Jawa Tengah yang bisa dikerjasamakan dengan mereka. Setidaknya dari sisi pemberdayaan ekonomi.

"Selepas menjalani pemasyarakatan ini, banyak dari kami yang membutuhkan usaha untuk penghidupan keluarga.Diharapkan ada program pemberdayaan yang bisa dikerjasamakan dengan kami di yayasan ini," kata dia.

Ketua MPM Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr M Nurul Yamin mengatakan pendampingan kepada penyintas napiter ini juga sudah dilakukan oleh MPM PWM Lampung. 

MPM PWM Jawa Tengah juga bisa melakukan pendampingan kepada penyintas napiter ini. Jika nantinya sudah terpola dari beberapa PWM program ini bisa disatukan di MPM PP Muhamamdiyah.

Ketua MPM PWM Jawa Tengah, Ir Fatchur Rochman mengatakan pada kegiatan ekspo ini selain untuk memberikan ruang pameran bagi produk dampingan MPM PDM se Jateng juga ada stan yang disediakan untuk penyitas atau pelaku tindak pidana terorisme yang sudah menyatakan ikrar NKRI ini. 

Ia mengatakan pada MPM PWM Jawa Tengah ini memiliki banyak kegiatan pemberdayaan. Nantinya akan ada kegiatan yang bisa digarap bersama penyintas tersebut, terutama dalam hal pendampingan ekonomi.

Dewan Pakar MPM Pimpinan Pusat Muhammadiyah sekaligus Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso mengatakan UMP sebagai rumah persyarikatan selalu mendukung program Muhammadiyah. UMP terbuka untuk berbagai kegiatan muhammadiyah. 

Pada kesempatan itu Rektor UMP juga mengatakan saat ini UMP juga sudah menyiapkan lahan unggulan dan laboratorium pertanian bagi pusat pendidikan latihan JATAM. 

"Silahkan untuk dimanfaatkan dengan baik oleh MPM PDM Banyumas ataupun nantinya oleh MPM PWM," kata Jebul.

Selain produk di atas juga ada beragam produk lainnya yang dipamerkan di sini. Seperti puding kelapa, tanaman anggrek, bawang merah dan pala, olahan susu kambing, olahan pepaya dan teh pelangsing tubuh, olahan susu sapi dan beragam produk olahan hasil pertanian, peternakan dan perikanan.

 

Editor : Aryo Arbi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network