Pesta Kembang Api Malam Tahun Baru 2024 di Banyumas, Dinporabudpar: Ada Tapi Tak Semeriah Tahun Lalu

Arbi Anugrah
Sejarah kembang api yang terus digunakan pada pergantian tahun. Foto: iNews.id/Istimewa

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Pesta kembang api malam Tahun Baru 2024 di Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas tidak semeriah tahun sebelumnya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas mengadakan berbagai kegiatan malam pergantian tahun di Purwokerto dengan cara sederhana.

"Kembang api ada, tapi tidak semeriah tahun kemarin, karena tahun ini masih masuk tahapan kampanye pemilu, sehingga kita membatasi hal yang demikian. Tetapi kita tetap berusaha ada (kembang api), tapi intensitasnya tidak seperti tahun lalu," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Wardoyo saat dihubungi, Minggu (31/12/2023).

Menurut Wardoyo, untuk titik kegiatan malam tahun baru di Kota Purwokerto ini nantinya dipusatkan di Menara Pandang Teratai, Mas Kemambang dan Taman Rekreasi Andhang Pangrenan.

"Kami tetap melaksanakan kegiatan untuk masyarakat dari aspek hiburan, cuma memang, skalanya tidak skala besar," ujarnya.

Untuk titik kegiatan malam Tahun Baru 2024 yang dipusatkan di Menara Pandang Teratai, menurut Wardoyo nantinya akan digelar doa bersama dan hiburan.

"Tapi mungkin tidak spektakuler sekali, termasuk kembang api pun sederhana tidak seperti tahun baru kemarin," jelasnya.

Sedangkan untuk titik keramaian, Wardoyo mengungkapkan jika gambaran titik keramaian saat malam tahun baru 2024 tak berbeda dari tahun sebelumnya. Meskipun tidak ada hiburan seperti tahun sebelumnya, namun pihaknya yakin seperti di alun-alun Kota Purwokerto, GOR Satria Purwokerto, alun-alun Banyumas dan Banyumas Kota Lama akan tetap menjadi titik keramaian masyarakat menyambut Tahun Baru 2024.

"Untuk di alun-alun Banyumas tetap ada (titik keramaian). Seperti area Banyumas kota lama itu kan temen-temen lokal juga menyelenggarakan acara-acara untuk menyambut tahun baru," ujarnya.

Berikut Lokasi Malam Tahun Baru 2024 di Kabupaten Banyumas

1. Menara Pandang Teratai

Menara Pandang Teratai merupakan salah satu pusat keramaian malam pergantian tahun di Purwokerto. Di halaman Menara Pandang Teratai bakal digelar doa bersama lintas agama dan pertunjukan musik mulai pukul 21.00 WIB - 24.00 WIB. Diakhir kegiatan digelar penyalaan kembang api.

2. Taman Apung Mas Kemambang

Di Taman Apung Mas Kemambang, digelar pentas seni akhir tahun yang diadakan oleh komunitas musik Koes Plus. Acara ini dimulai sejak pukul 20.00 WIB hingga selesai.

3. Taman Rekreasi Andhang Pangrenan (TRAP)

Di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan bakal digelar pentas musik dengan tema musik etnik akustik. Acara ini dimulai sejak pukul 19.00 WIB hingga selesai.

4. Alun-alun Banyumas

Di Alun-alun Banyumas, Bank Indonesia mengadakan acara sosialisasi QRIS yang sangat menarik. Acara ini dipenuhi dengan pertunjukan seni yang spektakuler, seperti lengger, sintren, kentongan, dan masih banyak lagi. 

Tidak hanya itu, ada juga pesta kembang api sederhana yang menambah semarak suasana. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk ikut serta dalam acara yang penuh kegembiraan ini!

 

Editor : Aryo Arbi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network