KKN UIN Saizu Gelar Penyuluhan Sub-PIN Polio di Desa Dermasari

Elde Joyosemito
Para mahasiswa KKN UIN Prof KH Saifuddin Zuhri (Saizu) Purwokerto. (Foto: Istimewa)

BANJARNEGARA, iNewsPurwokerto.id-Para mahasiswa KKN UIN Prof K.H Saifuddin Zuhri (Saizu) Purwokerto bersama dengan kader Posyandu menggelar Penyuluhan Sub-PIN (Pekan Imunisasi Nasional) Polio.

Kegiatan berlangsung beberapa waktu lalu di Balai Desa Dermasari Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara. 

“Kegiatan ini diadakan oleh mahasiswa KKN UIN Prof K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto bersama dengan Kader Posyandu Desa Dermasari. Ada 30 ibu dan balita yang mengikuti kegiatan ini,”kata Bidan Desa Dermasari Cahyaningtyas Dwi Kartika.

Menurut Cahyaningtyas, penyuluhan PIN-Polio ini bertujuan untuk mengajak masyarakat setempat yang mempunyai anak mulai dari usia 0-7 tahun agar melakukan PIN polio serta memberikan pengetahuan terkait penyakit Polio. 

Dalam keterangannya, dia menjelaskan tentang pentingnya Sub PIN Polio sebagai upaya pencegahan yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah penyakit polio pada anak-anak, seperti pada kasus di Klaten, Jawa Tengah yang menimpa anak berusia enam tahun dan mengalami lumpuh pada 20 November 2023 dikarenakan memiliki riwayat belum imuniasasi polio tetes (OPV) sebanyak dua kali. 

Sub PIN Polio akan dilaksanakan secara serentak di dua provinsi yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Putaran pertama akan dilaksanakan telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. 

“Penyakit polio ini merupakan penyakit saraf yang disebabkan oleh virus dan menyebabkan kelumpuhan. Sampai saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan, karenanya untuk mencegah penyakit tersebut perlu dilakukannya imuniasasi polio,”jelasnya.

”Dengan adanya kegiatan Sub PIN-Polio ini masyarakat akan semakin tahu tentang penyakit Polio dan masyarakat akan lebih waspada terhadap penyakit tersebut dengan cara mengikuti kegiatan PIN-Polio pada 19 Februari 2024 di balai desa,”tambahnya.
 

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network