Gerak Cepat Tim Gabungan Atasi Dampak Tanah Longsor di Purbalingga

Arbi Anugrah
Gerak Cepat Tim Gabungan Atasi Dampak Tanah Longsor di Purbalingga. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id - Bencana tanah longsor yang terjadi di Dusun Sawangan, Desa Kaliori, Kecamatan Karanganyar, Purbalingga pada Minggu (14/4) terus mendapatkan penanganan. Bencana tanah longsor yang disebabkan hujan deras dengan intensitas tinggi mengakibatkan tiga titik tanah longsor di wilayah tersebut.

Walaupun tidak ada korban jiwa, namun tanah longsor telah menyebabkan terputusnya jalan Kabupaten penghubung ruas Kaliori - Grugak sepanjang 100 meter akibat tertimbun material longsor. Kemudian rusaknya tiga rumah warga, dan padamnya jaringan listrik serta air bersih. Termasuk 4 Kepala Keluarga dengan total 14 Jiwa mengungsi di tempat yang lebih aman.

"Jalan penghubung Dusun 1 ke Dusun 5 sepanjang 100 meter tertimbun material longsor dengan ketinggian bervariasi, mulai dari 2 meter hingga 20 meter membuat jalan Kabupaten Ruas Kaliori - Grugak terputus," kata Kepala Pelaksana BPBD Purbalingga Prayitno, dalam keterangannya, Rabu (17/4/2024).

Menurut dia, upaya penanganan telah dilakukan oleh BPBD Purbalingga seperti kerja bakti bersama tim gabungan untuk membersihkan material longsor, pengerahan alat berat (excavator) untuk membuka akses jalan darurat, dan pendirian dapur umum untuk korban terdampak dan relawan. Selain itu, upaya yang dilakukan adalah perbaikan jaringan listrik serta penyerahan bantuan logistik untuk membantu korban terdampak.

"Hingga saat ini, titik longsor ke 1 dan ke 3 telah berhasil dibersihkan, namun titik longsor ke 2 masih dalam proses penanganan, karena matrial longsor berupa batu bongkahan besar, progres hari ini sudah mencapai 30 persen. Demikian juga dengan rumah yang terdampak, masih dalam proses penyingkiran material longsor," terangnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network