BPBD Jateng Fasilitasi Pembentukan Desa Tangguh Bencana di Purbalingga

Elde Joyosemito
BPBD Jawa Tengah memfasilitasi pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Kabupaten Purbalingga. (Foto: BPBD Purbalingga)

Prayitno menambahkan bahwa pembentukan Destana ini penting karena hampir seluruh wilayah Kabupaten Purbalingga termasuk dalam Kawasan Risiko Bencana (KRB). 

Berdasarkan data Kajian Risiko Bencana 2024-2029, terdapat wilayah KRB banjir seluas 12.345 hektar yang tersebar di 10 kecamatan, termasuk Kemangkon, Purbalingga, Kaligondang, Kutasari, Bobotsari, Karangmoncol, Rembang, Karangjambu, Karanganyar, dan Bukateja. 

Selain itu, terdapat KRB gerakan tanah seluas 16.510 hektar yang tersebar di 13 kecamatan, dan KRB letusan Gunung Slamet seluas 8.015 hektar di tiga kecamatan, yaitu Karangreja, Bojongsari, dan Kutasari. Kawasan rawan bencana angin ribut tersebar di seluruh kecamatan di Purbalingga.

"Pada tahun 2023, terdapat 92 kejadian bencana dan kekeringan di 146 desa yang tersebar di 18 kecamatan. Pada tahun 2024, hingga minggu ketiga bulan Mei, sudah tercatat 57 kejadian bencana dengan potensi warga yang terdampak sekitar 96.000 jiwa," jelas Prayitno.

Untuk pembekalan Destana kali ini, Prayitno menambahkan bahwa pemateri melibatkan fasilitator dari Pusat Studi dan Mitigasi Bencana (PSMB) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta. 

Materi yang disajikan meliputi konsep dasar penanggulangan bencana/pengurangan risiko bencana, kajian risiko bencana partisipatif, peta ancaman dan peta risiko, sistem peringatan dini, rencana evakuasi dan peta evakuasi, pembentukan organisasi relawan desa, pembentukan forum pengurangan risiko bencana desa, rencana penanggulangan bencana desa, serta simulasi penanganan bencana.

Editor : EldeJoyosemito

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network