Daop 5 Purwokerto Dukung Pekan ASI Sedunia, Siapkan Ruang Laktasi di 17 Stasiun

Elde Joyosemito
KAI Daop 5 Purwokerto menyediakan Ruang Menyusui atau Ruang Laktasi di 17 Stasiun Kereta Jarak Jauh. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Momentum Pekan ASI Sedunia atau World Breastfeeding Week (WBW) diperingati setiap tanggal 1 – 7 Agustus. 

Pada tahun 2024, Pekan ASI Sedunia mengusung tema “Closing the Gap Breastfeeding Support for All” atau “Tutup Kesenjangan: Dukung Semua Ibu Sukses Menyusui”, yang bertujuan untuk mendorong dan mendukung semua ibu agar dapat memberikan ASI kepada anaknya serta menghapus kesenjangan baik dari ras, status sosial, ekonomi, maupun budaya.

“Menyadari pentingnya dukungan bagi peran ibu dalam memberikan ASI kepada sang buah hati, KAI Daop 5 Purwokerto menyediakan Ruang Menyusui/Ruang Laktasi di 17 Stasiun Kereta Jarak Jauh atau stasiun yang melayani naik-turun penumpang antarkota,” ungkap Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih.

Stasiun-stasiun di wilayah Daop 5 Purwokerto yang sudah dilengkapi dengan fasilitas Ruang Laktasi/Menyusui antara lain Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kebumen, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Slawi, Stasiun Bumiayu, Stasiun Sidareja, Stasiun Gandrungmangu, Stasiun Jeruklegi, Stasiun Maos, Stasiun Gumilir, Stasiun Cilacap, Stasiun Sumpiuh, Stasiun Gombong, Stasiun Karanganyar, dan Stasiun Kutowinangun.

Ruang laktasi tersebut dilengkapi dengan fasilitas seperti ruang privat, pendingin ruangan, wastafel, sofa/kursi, meja/rak, dan stop kontak.

Fasilitas ruang menyusui bagi ibu yang sedang membawa bayi/balita saat akan melakukan perjalanan dengan kereta api sangat penting keberadaannya.

“Penyediaan ruangan dengan fasilitas tersebut akan memberikan privasi bagi ibu saat menyusui. Kami mendukung bahwa setiap anak-anak di Indonesia berhak memperoleh ASI di mana pun dan kapan pun untuk mendukung pertumbuhan, kesehatan, dan kecerdasan tentunya dengan aman dan nyaman,” tutup Feni.

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network