6 Kabupaten di Jateng Berstatus Siaga Kekeringan Meteorologis, 4 Waspada

Elde Joyosemito
BMKG telah mengeluarkan peringatan dini terkait kekeringan meteorologis untuk sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng). (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-BMKG telah mengeluarkan peringatan dini terkait kekeringan meteorologis untuk sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng).

Terdapat tiga kabupaten yang harus waspada yakni Sragen, Sukoharjo, dan Wonogiri. Sementara itu, yang masuk dalam kategori siaga kekeringan meteorologis adalah Blora, Boyolali, Demak, Grobogan, Pati, dan Rembang.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah II, Hartanto, menyatakan bahwa pihaknya telah mengeluarkan peringatan dini kekeringan meteorologis.

"Pada dasarian pertama bulan Agustus, ada 9 kabupaten yang harus mewaspadai dan bersiaga terhadap terjadinya kekeringan meteorologis karena tidak ada hujan," jelasnya dalam pernyataan tertulis pada Senin (5/8/2024).

Menurut Hartanto, ada tiga kabupaten dengan status waspada yakni Sragen, Sukoharjo, dan Wonogiri. Sedangkan enam kabupaten yang berstatus siaga adalah Blora, Boyolali, Demak, Grobogan, Pati, dan Rembang.

"Kami meminta kepada masing-masing pemkab untuk mengambil langkah mitigasi guna mengatasi dampak dari kondisi tersebut," katanya.

Lebih lanjut, Hartanto menjelaskan bahwa seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah tidak ada daerah dengan curah hujan tinggi.

"Sama sekali tidak ada potensi hujan lebat pada dasarian pertama bulan Agustus," ujarnya.

 

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network