UMP Tawarkan Pendidikan Penghuni Gang Sadar Baturraden, Rektor Gendu-Gendu Rasa Orang Pinggiran

Arbi Anugrah
UMP Tawarkan Pendidikan Penghuni Gang Sadar Baturraden, Rektor Gendu-Gendu Rasa Orang Pinggiran. Foto: Arbi Anugrah

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Momentum Kemerdekaan ke 79 Republik Indonesia, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berbagi kebahagiaan untuk menikmati Kemerdekaan dengan para penghuni Gang Sadar Baturraden, Kabupaten Banyumas, Sabtu (17/8/2024). Bertajuk Gendu-gendu Rasa Orang Pinggiran, wanita pekerja seksual penghuni Gang Sadar Baturraden didengarkan keluh kesah dan keinginannya.

"Kita tahu problem anak bangsa di kemiskinan, kemudian tadi fakta di belakang kita yang kita temui, banyak wanita pekerja seksual, kita melihat, kita datangi mereka untuk sekedar ngobrol dan bergembira dengan mereka dan kita bagikan sembako kepada mereka," kata Rektor UMP, Assoc Prof Jebul Suroso, kepada wartawan di Baturraden.


UMP Tawarkan Pendidikan Penghuni Gang Sadar Baturraden, Rektor Gendu-Gendu Rasa Orang Pinggiran. Foto: Arbi Anugrah

 

Menurut Jebul, ada tiga hal yang diambil dari kegiatan bertajuk Gendu-gendu Rasa Orang Pinggiran bersama penghuni Gang Sadar Baturraden. Di mana sebagian atau semua orang itu sebenarnya ingin hidup yang bahagia, yang lebih baik.

"Tetapi kemudian mereka itu di tahap ini. Saya kira itu ya versi terbaik mereka saat ini. Kedua menjadi empati bagi kita bahwa sesama manusia, ketika kita merasakan enak, bahagia, mesti berbagi dengan mereka, dan yang ketiga adalah kita bertanggung jawab secara sosial. Karena itu, sesama warga negara setidaknya mereka bisa mengenyam kemerdekaan itu, kemudian hak akan kesejahteraan," jelasnya.

Dalam obrolan tersebut, pihaknya juga menawarkan pendidikan. Baik kepada penghuni Gang Sadar Baturraden, ataupun anak-anak mereka untuk dapat kuliah dan sekolah.

"Kita menawarkan kepada mereka pendidikan, setidaknya menggugah kepada mereka yang mungkin punya anak, kemudian punya keturunan untuk lebih baik dari mereka, dan itu bisa diwujudkan dengan pendidikan. Tidak menutup kemungkinan ketika ada dari mereka yang anaknya SMA memungkinkan untuk bisa kuliah, kita bisa fasilitasi pakai pembiayaan tertentu dari UMP," ujarnya.

Editor : Arbi Anugrah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network