Mengenal Kode Lampu Sein Sopir Bus dan Truk saat Berkendara di Jalan

Dani M Dahwilani/Arbi Anugrah
Bus saling salip. Foto Tangkapan Layar

Bahkan, sang pengunggah juga menyertakan penjelasan tentang arti dari kode lampu sein dari sopir truk. Ini menjadi informasi yang sangat baik bagi pengendara lain supaya dapat memahami kode lampu sein tersebut saat berada di belakang kendaraan besar.

1. Sein Double/Hazard: Jaga jarak, depan ada ‘sesuatu’

2. Sein Kanan: Jangan nyalip, depan kanan belum aman

3. Sein Kiri: Hati-hati silakan nyalip

Dalam tayangan video tersebut, ketika sopir truk menghidupkan lampu hazard, terdapat banyak kendaraan yang ada di depan truk berjalan lambat. Ini menandakan kondisi untuk menyalip sedang tidak aman.

Kemudian ketika lampu sein kanan dihidupkan, terlihat kendaraan dari arah berlawanan melaju dalam kecepatan tinggi. Pengemudi di belakang truk harus sabar menunggu menyalip sampai kondisi aman.

Kemudian ketika lampu sein kiri dihidupkan, ini menandakan jalan di depan maupun dari arah berlawanan telah aman. Pada saat ini lah pengemudi dapat memacu kendaraannya melalui sisi kanan untuk menyalip truk tersebut.

Sebagai bentuk terima kasih, pengemudi mobil membunyikan klakson sebanyak dua kali atau menyalakan lampu hazard hingga berkedip dua kali. Ini menjadi budaya yang sering dilakukan untuk menghormati sesama pengguna jalan.

Editor : Aryo Arbi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network