Daftar Pemenang Kejuaraan Akhir Pekan Gemilang Indonesia, Ini Pengumuman Juara JAAGO 2024

Elis Novit
Daftar Pemenang Kejuaraan Akhir Pekan Gemilang Indonesia, Ini Pengumuman Juara JAAGO 2024. Foto: Dok Puskantara

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Kejuaraan Akhir Pekan Gemilang Indonesia (JAAGO) 2024 telah dilaksanakan secara online melalui website cbt.pusatprestasi.id pada Minggu, (1/9) lalu. Kompetisi JAAGO 2024 yang digelar oleh Puskantara ini bertujuan untuk menyediakan wahana bagi generasi muda Indonesia untuk mengembangkan minat dan bakat pada bidang sains dan teknologi.

"Mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk jenjang pendidikan selanjutnya, lalu mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk bersaing pada ajang OSN dari Pusat Prestasi Nasional. Selain itu tersedia untuk jenjang Perguruan Tinggi juga bisa mengikutinya," kata Alumni Medalis Olimpiade Astronomi Internasional di Korea Selatan, Rizki Wahyu P dalam keterangannya, Senin (9/9/2024).

Menurut Rizki, hasil dari Kejuaraan Akhir Pekan Gemilang Indonesia 2024 telah diumumkan pada hari Selasa, 3 September 2024 pukul 13.00 WIB.

"Pengumuman dapat dilihat pada akun cbt masing-masing peserta. Caranya dengan login ke website cbt.pusatprestasi.id lalu klik icon pengumuman atau pengeras suara pada bidang JAAGO 2024. Pengumuman juga bisa diunduh di bit.ly/HASILJAAGO2024," kata Rizki.

Pada kesempatan ini Rizki juga mengucapkan selamat bagi para peserta yang telah menjadi pemenang pada ajang kompetisi JAAGO 2024.

"Puskantara dan panitia mengucapkan selamat, turut senang juga bangga kepada para pemenang atas pencapaiannya yang luar biasa di Kejuaraan Akhir Pekan Gemilang Indonesia 2024. Bagi yang belum menjadi pemenang di kompetisi JAAGO 2024, jangan patah semangat. Masih ada jalur prestasi dikompetisi Puskantara selanjutnya yang sudah menanti. Jadi tetap belajar dan semangat selalu untuk para pelajar Indonesia," jelasnya.

Kompetisi JAAGO 2024 ini sendiri diikuti oleh sejumlah pelajar dari tingkat SD, SMP, SMA, dan Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Mereka saling berkompetisi mengasah kemampuannya mengikuti Kejuaraan Akhir Pekan Gemilang Indonesia 2024.

Menurut Novita Khairunnisa Setiawan, siswi SD Muhammadiyah 20 mengatakan jika dirinya sangat senang karena bisa berkompetisi dengan teman-teman se Indonesia. "Saya sangat senang dan bangga bisa mengikuti lomba yang dilaksanakan oleh lembaga Puskantara. Semoga event seperti ini selalu diadakan agar bisa menjadi wadah anak-anak Indonesia untuk berprestasi," ujar Novita.

Sedangkan menurut Wafiq Husna Zarifa, dari SMP Negeri 14 Bogor mengungkapkan jika dirinya sangat senang sekali mengikuti event ini, terlebih saat tahu dirinya menjadi juara 1 dalam bidang bahasa Indonesia.

"Eventnya juga seru banget, adminnya ramah. pokonya saya senang sekali mengikuti event ini. Pesannya semoga event ini akan selalu ada dan bisa menciptakan anak-anak berprestasi lainnya. Terima kasih JAAGO 2024," ucapnya.

Salah satu siswa lainnya dari SMKS Bina Putra Mandiri, Muhamad Ilham mengatakan jika dirinya sangat terkesan dengan pelaksanaan olimpiade ini. Menurutnya, kompetisi ini dapat memberikan pengalaman yang luar biasa dalam memahami lebih dalam tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta peran penting kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Soal-soal yang diberikan sangat menantang dan memaksa saya untuk berpikir kritis mengenai isu-isu terkini yang berkaitan dengan kebijakan publik, hukum, dan demokrasi," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, suasana kompetisi yang penuh semangat dan antusiasme dari para peserta lainnya, membuat dirinya semakin termotivasi untuk berkontribusi lebih dalam dibidang kewarganegaraan. Maka dari itu, ia berharap agar event ini dapat terus diadakan setiap tahun dengan format yang lebih interaktif.

"Mungkin dengan tambahan sesi debat atau simulasi sidang sebagai bentuk praktik langsung dari materi yang telah dipelajari. Saya juga berterima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan acara ini dengan sangat profesional. Semoga acara ini terus berkembang dan semakin banyak siswa yang terinspirasi untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Jaya Saputra, salah satu mahasiswa dari Institut Teknologi Sumatera mengatakan jika kompetisi JAAGO 2024 adalah pengalaman yang sangat berharga dan penuh tantangan bagi dirinya. Ia menjelaskan jika sejak awal proses persiapan hingga pengumuman hasil, dirinya merasa setiap tahap tersebut memberikan pelajaran baru yang sangat berarti.

Bukan hanya itu, dukungan dari panitia dan Puskantara juga luar biasa, membuat dirinya semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik. "Saya sangat mengapresiasi kesempatan ini dan merasa bangga bisa berpartisipasi dalam kompetisi yang begitu bergengsi," jelasnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Puskantara dan seluruh panitia atas penyelenggaraan Kompetisi JAAGO 2024 yang sangat baik dan profesional. Pengalaman ini tidak hanya menambah wawasan dirinya, tetapi juga menginspirasi dirinya untuk terus berkembang. 

"Bagi para peserta lainnya, saya ingin mengucapkan selamat atas usaha keras kalian. Jangan pernah berhenti belajar dan berusaha, karena setiap langkah adalah bagian dari perjalanan menuju kesuksesan. Semoga kita semua terus berprestasi di masa depan," pungkasnya.

Editor : Arbi Anugrah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network