HUT Ke-79 KAI, Daop 5 Purwokerto Komitmen pada Keselamatan dan Inovasi Berkelanjutan  

Elde Joyosemito
Daop 5 Purwokerto merayakan hari ulang tahun KAI yang ke-79 pada 28 September 2024. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto merayakan hari ulang tahun KAI yang ke-79 pada 28 September 2024. Perayaan kali ini mengusung tema “Safety and Sustainability”, yang mencerminkan komitmen perusahaan terhadap keselamatan dan keberlanjutan.

"Safety" merupakan prioritas utama dalam setiap operasional kereta api, memastikan keamanan penumpang, barang, serta lingkungan. Dengan inovasi dan teknologi terbaru, KAI terus berupaya meningkatkan standar keselamatan guna memberikan perjalanan yang nyaman dan aman bagi seluruh masyarakat. 

Di sisi lain, "Sustainability" menggarisbawahi langkah nyata KAI dalam menjaga kelestarian lingkungan melalui penggunaan energi ramah lingkungan, efisiensi operasional, dan pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan. Semua ini dilakukan demi mendukung terciptanya transportasi massal yang lebih hijau dan lebih baik untuk generasi mendatang.

Gun Gun Nugraha, Vice President Daerah Operasi 5 Purwokerto, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pelanggan yang telah memilih kereta api sebagai moda transportasi pilihan. 

“KAI Daop 5 Purwokerto mengajak masyarakat untuk terus menggunakan kereta api, moda transportasi yang mengutamakan keselamatan, keamanan, kenyamanan, serta tepat waktu. Kami juga berterima kasih kepada masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan yang telah mendukung kemajuan perkeretaapian Indonesia. Sinergi dan kolaborasi yang berkelanjutan sangat penting untuk terus memajukan transportasi di Indonesia,” jelas Gun Gun pada Sabtu (28/9/2024).

Dalam peringatan HUT ke-79 ini, Daop 5 Purwokerto turut serta dalam mendukung perkembangan perkeretaapian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Transformasi digital juga diimplementasikan dalam aspek keselamatan dan pelayanan.

KAI Daop 5 Purwokerto telah melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan layanan pelanggan serta mendukung komitmen global terhadap pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Langkah-langkah konkret seperti pengurangan penggunaan plastik sekali pakai di kantor, depo, dan resor wilayah kerja Daop 5, serta penyediaan dispenser air isi ulang di Stasiun Purwokerto dan Kroya, merupakan bagian dari upaya ini.

Selain itu, Daop 5 telah memasang panel surya di empat stasiun, yaitu Stasiun Purwokerto, Cilacap, Kutoarjo, dan Kroya. Penanganan perubahan iklim juga dilakukan melalui penerapan operasi hijau dan partisipasi dalam Gerakan Sejuta Pohon, yang setiap tahunnya melibatkan penanaman tanaman hias, perdu, dan buah-buahan di berbagai lingkungan kantor dan stasiun.

Dari segi Transformasi Digital, KAI Daop 5 telah memperkenalkan sistem boarding dengan e-boarding pass dan face recognition, serta penggunaan aplikasi Access by KAI, yang memudahkan pelanggan dalam memesan, membatalkan tiket, mengubah jadwal, dan memesan makanan serta minuman. Inovasi lain jelang HUT ke-79 adalah perubahan rangkaian KA Logawa menjadi jenis stainless steel new generation.

Peningkatan layanan dan inovasi ini disambut baik oleh masyarakat, dengan tingkat okupansi penumpang di wilayah Daop 5 Purwokerto mencatatkan pertumbuhan yang signifikan. Sepanjang periode Januari hingga 28 September 2024, tercatat sebanyak 2.923.952 penumpang, meningkat 119 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023 yang hanya mencapai 2.453.678 penumpang. Angkutan barang juga mengalami peningkatan, dengan volume yang diangkut sebesar 1.106.593 ton, naik 6,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada Upacara Peringatan HUT ke-79, KAI Daop 5 memberikan apresiasi kepada para pekerja melalui penghargaan "Safety is Me" Award dan Best Employee sebagai bentuk penghargaan atas komitmen mereka dalam mengutamakan keselamatan dan kinerja terbaik.

Kategori penghargaan yang diberikan antara lain:

Safety is Me Award:

Best UPT Stasiun: UPT Stasiun Kelas 2 Bumiayu
Best UPT Depo: UPT Depo Gerbong Maos
Best UPT Resor: UPT Resor Jalan Rel 5.5 Purwokerto
Best Employee:

Pekerja Administrasi Terbaik: Sofiyan Mardiyanto
Pekerja Operasi Terbaik: Andreas Aditya Purbayu
Pekerja Komersial dan Pelayanan Terbaik: Diksi Eling Yahreno
Pekerja Prasarana Terbaik: Ibnu Abdin
Pekerja Sarana Terbaik: Syarif Durakhman

Selain itu, UPT SOT Kutoarjo meraih Juara ke-3 untuk Kategori UPT SOT Terbaik pada ajang Service Champion 2024, dan Kristaga Adha Ayunan Wibowo menerima penghargaan pada Indonesian Contact Center Award (ICCA) 2024.

Menutup perayaan HUT ke-79 KAI, Gun Gun menyampaikan harapannya agar seluruh insan KAI dapat merefleksikan diri dan terus berinovasi. “Setiap pekerjaan yang kita lakukan memiliki dampak. Setiap insan KAI memiliki tanggung jawab untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat Indonesia melalui keselamatan dan inovasi yang berkelanjutan,” pungkasnya.

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network