Geger Lagi, Sungai Serayu Berlumpur, Ribuan Ikan dan Pelus Panjang Hampir 2 meter Kembali Mabuk 

Elde Joyosemito
Warga menanglap ikan pelus dari Sungai Serayu pada Rabu (6/4/2022) malam. (Foto: Istimewa)

BANYUMAS, iNews.id - Sungai Serayu di yang mengalir di wiayah Banjarnegara, Purbalingga hingga Banyumas kembali berlumpur pekat. 

Akibatnya, banyak ikan mabuk. Bahkan, di media sosial, ada warga yang membawa ikan pelus besar dengan panjang sekitar 1,5 meter lebih.

Ikan tersebut kemungkinan juga mabuk akibat tingkat lumpur tinggi di Sungai Serayu. 

Ini bukan yang pertama, karena Jumat hingga Sabtu (1-2/4/2022) juga mengalami hal yang sama. Kemudian kembali terjadi lagi pada Rabu (6/4/2022). 

Di media sosial, sejak Rabu sore warga mencari ikan di pinggir Sungai Serayu. Salah satunya di jembatan Sungai Serayu di perbatasan antara Desa Dermaji, Kecamatan Susukan, Banjarnegara dengan Desa Kedunglegok, Kecamatan Kemangkon, Purbalingga. 


Di Banjarnegara, warga menemukan ikan pelus besar pada akhir pekan lalu

Tak hanya itu, video yang beredar di media sosial lainnya juga memperlihatkan warga mencari ikan di Mandiraja, Banjarngara. “Ada banjir lumpur. Serayu banjir lumpur maning. Iwake pada mendem,”kata orang yang mengambil gambar.

Sementara pegiat konservasi sungai, Eddy Wahono, mengatakan bahwa Sungai Serayu mulai pekat lumpur pada Rabu pagi. “Dugaannya adalah adanya flushing lumpur dari Bendung Mrica Banjarnegara. Dampaknya jelas akan mematikan banyak ikan,”jelasnya. 

Editor : Elde Joyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network