get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Unik! Pondok Pesantren Ini Ajarkan Santrinya Berkuda Sambil Memanah

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:59 WIB
header img
Di Banyumas sendiri Pondok Pesantren Modern ZIIS merupakan satu-satunya lembaga pendidikan yang memiliki ekstrakurikuler berkuda. (Foto: Dok iNewsPurwokerto.id)

BANYUMAS, iNews.id - Di Banyumas, tepatnya di Desa Cikidang, Kecamatan Cilongok, terdapat sebuah pondok pesantren yang unik. Ialah Pondok Pesantren Modern ZIIS. Keunikan yang dimiliki pondok pesantren ini adalah adanya ekstrakulikuler wajib berupa berkuda, memanah, dan berenang.

Wakil Pimpinan Ponpes Modern ZIIS sekaligus pelatih ekstrakurikuler berkuda Ryadh Arudhiskara mengungkapkan bahwa inilah satu-satunya pondok pesantren yang memiliki dan juga mengajarkan berkuda untuk kali pertamanya di Kabupaten Banyumas. Berbeda dengan memanah, kegiatan itu masih cukup banyak dinaungi oleh klub-klub panahan.

"Cuma yang berkuda ini kayanya di Kabupaten Banyumas baru ini, Pondok Pesantren yang punya kuda. Jadi, kita mau menjalankan sunah nabi, karena olahraga yang disunahkan nabi itu kan berenang, memanah, dan berkuda dan di sini ada semua ekskulnya," katanya kepada iNewsPurwokerto.id, Kamis (16/6/2022).

Dari ketiga olahraga tersebut, lanjut dia, berkuda menjadi pilihan yang paling unggul diantara olahraga lainnya. 80 persen santri Pondok Pesantren Modern ZIIS menjadikan berkuda sebagai ekstrakurikuler pilihan.

Dia menjelaskan, pihak pondok pesantren sendiri lebih mengarahkan pada Horseback Archery atau olahraga berkuda sambil memanah dengan jarak 200 meter. Hal itu juga didukung dengan adanya fasilitas lapangan berkuda yang luasnya cukup untuk Horseback Archery

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut