get app
inews
Aa Read Next : Kisah Bung Karno Tertawa saat Polisi Kuba Hentikan Pengawalan hanya untuk Pinjam Korek Api  

5 Keteladanan Bung Karno, Muhammadiyah: Dapat Menjadi Pelajaran Bagi Umat Muslim

Sabtu, 18 Juni 2022 | 15:02 WIB
header img
Proklamator Bung Karno wafat pada 21 Juni 1970 di Jakarta. (Foto: Dok/Ist)

Kelima, dari Bung Karno kita belajar tentang kenegarawanan. Jiwa negarawan Bung Karno melintas batas dan melapaui segalanya. Beliau mengutamakan dan mementingkan kebangsaan daripada kepentingan individu dan kelompoknya.

Baca Juga: Lonjakan Covid-19 Menggila, MUI Ingatkan Sabar Menghadapi Qadha dan Qadhar 

“Bung Karno berdialog dengan siapa jasa, dan tetap menjalin hubungan hatta dengan mereka yang berpandangan politik yang bertentangan. Beliau menjadi sosok saat krisis yang mampu menempatakan kepentingan rakyat, kepentingan bangsa di atas segalanya,” ujar Haedar.

Bagi Haedar lima teladan ini disampinmg masih banyak teladan lain harus menjadi rujukan kita yang mengenang dan mencintai Bung Karno dan ingin meneruskan jejak Bung Karno.

“Bagaiaman kita selalu berjuang tanpa pamrih, bersahaja tanpa memupuk materi, dan mencintai rakyat kecil lahir dan batin dengan perbuatan nyata, menjadi orang cerdas berilmu dan memliki visi yang luas, mengintegrasikan visi keislaman dan keindonesiaan serta tampil menjadi negarawan-negarawan untuk Indoensia yang kita cintai, banggakan dan dicita-citakan pendiri bangsa,” tutup Haedar.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut