get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Kiper Singapura Hassan Sunny, Sumbang Uang Hadiah dari Fans China ke Muhamadiyah

Beras Diet dan Tepung Rendah Gluten hingga Produk Eks Napi Teroris Dipamerkan di UMP

Sabtu, 11 November 2023 | 19:11 WIB
header img
Beras Diet dan Tepung Rendah Gluten hingga Produk Eks Napi Teroris Dipamerkan di UMP. Foto: Dok UMP

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Puluhan produk dampingan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Daerah Muhammadiyah se-Jawa Tengah dipamerkan pada Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) MPM PWM Jawa Tengah, Sabtu (1/11/2023). Pameran ini digelar di halaman Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Beragam produk dampingan MPM se-Jateng yang dipamerkan, termasuk produk eks napi teroris (Napiter) yang sudah ikrar setia pada NKRI. Salah satunya produk dari MPM PDM Demak yang membawa beras kaya mineral tanpa residu pestisida.

Ketua Jamaah Tani Muhammadiyah (JATAM) Jawa Tengah, Hery Sugiartono menjelaskan beragam jenis beras, seperti beras merah yang memiliki warna merah kecoklatan pada bagian kulit luar butir beras. Warna merah ini karena ada bran (lapisan pelindung) yang masih menempel. Beras ini cocok bagi yang ingin diet namun masih ingin tetap merasakan beras dengan rasa pulen.

Sedangkan beras cokelat adalah beras dengan bran yang memiliki kandungan antocyanin yang tinggi yang memiliki manfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah, jantung dan asam urat.

"Semua beras ini dibudidayakan dengan baik mulai dari bibit hingga perawatan. Memakai obat-obatan pembasmi hama yang ramah lingkungan sehingga tidak meninggalkan residu pestisida," kata dia dalam keterangannya.

Ada juga tepung mocaf hasil olahan dari singkong. Tepung ini merupakan produksi Rumah Mocaf Indonesia yang merupakan binaan MPM Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Pengelola Rumah Mocaf Indonesia, Akhmad Arwyn Imamur Rozi mengatakan tepung mocaf ini merupakan tepung pengganti tepung terigu. Kelebihan dibanding tepung terigu adalah tepung mocaf ini rendah gluten. Tepung ini bagus untuk para penderita autis dan auto imun yang memang menghindari tepung kaya gluten seperti tepung terigu.

"Bahan baku singkong untuk tepung mocaf ini dihimpun dari para petani singkong di wilayah Banjarnegara," ujar Akhmad.

Dia mengatakan, mengolah singkong menjadi tepung mocaf ini membuat nilai ekonomis singkong menjadi lebih tinggi. Selain itu juga tepung ini dipakai untuk beragam produk olahan makanan rendah gluten. Seperti aneka kue kering, tepung ayam krispi, gula cair rendah kalori dan beragam produk lainnya.

Pameran Produk Eks Napiter

Pada pameran ini juga terdapat stan pameran yang diperuntukan untuk eks napi teroris (Napiter) yang sudah ikrar NKRI. Sebanyak 6 orang eks napiter ini yang tergabung dalam Yayasan Derap Bakti Pertiwi memamerkan hasil produk UMKM milik mereka.

Beberapa produk yang dipamerkan antara lain sirup jahe tanpa bahan pengawet kimiawi, abon, madu, kerajinan tas dan sejumlah produk UMKM buatan mereka.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut