get app
inews
Aa Read Next : Mengapa Ibukota Banyumas Tertulis Purwokerto Bukan Purwakerta Padahal Bahasa Ngapak? 

Simak, Ini Beberapa Versi Sejarah dan Asal Usul Purwokerto

Minggu, 19 Juni 2022 | 12:10 WIB
header img
“Sejarah Kota Purwokerto”, menyebutkan bahwa nama Purwokerto berasal dari gabungan dua kata, yakni “Purwo” dan “Kerta”. (Foto: Arsip Perpusda Banyumas/ Agustinus Yoga Primantoro)

PURWOKERTO, iNews.id - Purwokerto, sebuah ibu kota kabupaten di Jawa Tengah (Jateng). Ya, Purwokerto adalah ibu kota Kabupaten Banyumas.

Orang menyebutkan kalau Banyumas identik dengan Ngapak. Kata-kata lebih banyak mengucapkan dengan lafal huruf “a”. Misalnya, sapa, ana apa, karo sapa dan lainnya. Pengucapan orang Banyumas sesuai dengan hurufnya yakni “a”. Tetapi kalau Yogyakarta, Solo, daerah Jateng bagian timur pengucapannya dengan lafal “o”.

Makanya kemudian, jadi pertanyaan, mengapa kok Purwokerto, bukan Purwakerta atau Purwokerta. 

Dalam jurnal ilmiah berjudul “Sejarah Kota Purwokerto”, Guru Besar Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Prof Sugeng Priyadi menuliskan bahwa Purwokerto berasal dari dua kata yakni “Purwo” dan “Kerta”. 

Kata “Purwo” sendiri berasal dari bahasa Jawa kuno yang berarti “permulaan, bagian depan, lebih dahulu, dan sebagainya”. 

Sementara  kata “Kerta” yang juga berasal dari bahasa Jawa kuno memiliki arti “yang dilaksanakan, dibuat, diselenggarakan, sedang berkembang, dan lain sebagainya”.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut