get app
inews
Aa Read Next : Mengapa Ibukota Banyumas Tertulis Purwokerto Bukan Purwakerta Padahal Bahasa Ngapak? 

Cikal Bakal Purwokerto, Hubungan Antara Reruntuhan Candi di Arcawinangun dengan Candi Prambanan

Selasa, 31 Mei 2022 | 14:45 WIB
header img
Candi Prambanan disinyalir punya hubungan dengan cikal bakal Purwokerto. (Foto : Arsip Kemendikbud)

PURWOKERTO, iNews.id - Setelah sebelumnya dibahas mengenai penamaan Purwokerto dan asal muasal penamaannya, kali ini pembahasan dilanjutkan pada sebuah situs yang dipercaya sebagai cikal-bakal penamaan Purwokerto. Situs tersebut berada di daerah Arcawinangun.

Dikutip iNewsPurwokerto dari jurnal ilmiah berjudul "Sejarah Kota Purwokerto" karya Prof Dr Sugeng Priyadi, M Hum, menyebutkan bahwa reruntuhan candi di Arcawinangun ini berkaitan dengan cerita Adipati Kabakan dan cerita wayang Parikesit.

Dalam jurnal tersebut, dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto itu juga menyebutkan bahwa Adipati Kabakan merupakan pemimpin di daerah Arcawinangun. Ia memiliki seorang rival, yakni Adipati Mersi. Sekadar informasi, pada saat itu Adipati Mersi menjadi bagian aliansi dari kerajaan Pasirluhur di masa Adipati Kanda Daha berkuasa. 

Pasirluhur sendiri pada kala itu menjalin hubungan dengan 25 kerajaan kecil di sekitar DAS Serayu, perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah, serta di sisi selatan pesisir Jawa Tengah.

Hubungan antara Mersi dan Arcawinangun pada saat itu layaknya lakon Parikesit dalam cerita pasca Baratayuda. Dari cerita tutur yang beredar, Mersi dianggap sebagai tempat tinggal maharesi, Durna. 

Kemudian, Aswatama dari Mersi (Adipati Mersi) mencoba untuk membunuh Parikesit (Adipati Kabakan). Naasnya, justru Aswatama dari Mersi itulah yang gugur. Dari situlah kemudian di Arcawinangun terdapat pantangan pertunjukan wayang kulit dengan lakon Parikesit.

Dalam rivalitas tersebut, jasad dari Adipati Mersi dibuang ke saluran air bawah tanah yang terbuat dari batu. Jasad itu kemudian muncul terapung-apung di bale kambang (sekarang lapangan Mersi). 

Editor : Arif Syaefudin

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut