Logo Network
Network

8 Transportasi Umum di Kota Purwokerto, Traveler Tak Perlu Bingung

Arbi Anugrah
.
Minggu, 19 Juni 2022 | 16:35 WIB
8 Transportasi Umum di Kota Purwokerto, Traveler Tak Perlu Bingung
Layanan Bus Buy The Service (BTS) atau Bus Trans Banyumas. (Foto: Aryo Rizqi/iNews.id).

PURWOKERTO, iNews.id - Tak perlu bingung ketika Anda mengunjungi Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Hampir seluruh fasilitas transportasi tersedia lengkap di kota yang dijuluki sebagai kota mendoan ini. 

Terletak di bagian selatan kaki Gunung Slamet, Kota Purwokerto menawarkan berbagai tempat wisata lengkap dan tak kalah dari kota kota lainnya. Bahkan, fasilitas transportasi di Kota Purwokerto sangat lengkap, mulai dari bus kota, kereta api, transportasi online, tersedia. 

Sebagai salah satu deretan kota dengan biaya hidup termurah, Purwokerto juga dijuluki sebagai kota pelajar setelah Yogyakarta. Banyak kampus kampus negeri maupun swasta yang ada di kota ngapak ini, selain itu banyak pilihan hotel berkualitas di kota ini. 

Berikut moda transportasi di Kota Purwokerto seperti di rangkum iNewsPurwokerto.id dari berbagai sumber, Minggu (19/6/2022). 

1. Buy The Service (BTS) Trans Banyumas

Layanan transportasi bus Trans Banyumas melalui program Buy The Service (BTS) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi beroperasi sejak 2021. Transportasi masal di Kota Purwokerto ini sangat nyaman dan aman serta terintegrasi dengan moda transportasi lainnya.

Setidaknya terdapat tiga koridor yang dilayani oleh Trans Banyumas, mulai dari daerah penyangga kota Purwokerto menuju pusat kota. Tersedia pula halte bus di titik yang telah disediakan. Penumpang yang akan menumpang bus ini cukup menggunakan aplikasi Teman Bus yang di download di play store untuk mengetahui jadwal, trayek hingga posisi bus real time. Untuk harga tiketnya, berkisar berkisar Rp 2.500-Rp 10.000. 

2. BRT Trans Jateng

Transportasi masal Purwokerto lainnya adalah Trans Jateng. Sama seperti BTS Trans Banyumas, bus dalam kota ini melayani penumpang dengan trayek yang lebih jauh, yakni Terminal Bulupitu Purwokerto hingga Terminal Purbalingga. 

Trans Jateng ini juga melewati beberapa simpul strategis di pusat kota Purwokerto dan Purbalingga serta terintegrasi dengan moda transportasi lainnya. Untuk dapat menaiki bus Trans Jateng hampir sama dengan Trans Banyumas, penumpang cukup menunggu di halte pemberhentian bus yang telah tersedia di berbagai titik.

Harga tiket cukup merah yakni berkisar Rp 4.000 sudah sampai dari terminal satu ke terminal lainnya. 

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini