get app
inews
Aa Read Next : BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem Sepekan Mendatang

Semburan Lumpur Berbau Belerang Hebohkan Warga Cirebon

Selasa, 01 Juni 2021 | 21:02 WIB
header img
Petugas dari BPBD Cirebon sedang meninjau langsung kubangan lumpur mirip kawah di Desa Cipanas. (Foto: iNewsTv/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id - Warga Desa Cipanas, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon dihebohkan dengan munculnya sebuah kubangan yang mengeluarkan lumpur berbau belerang. Warga sekitar meminta pemerintah segera melakukan penanganan terhadap kubangan mirip kawah di gunung berapi tersebut.

Dikutip dari iNewsJabar.id jaringan iNewsPurwokerto.id, semburan lumpur yang ada di Desa Cipanas itu berukuran empat meter lebih berbentuk lingkaran. Fenomena tersebut sudah terjadi sejak lama, namun ketika itu oleh warga sempat menutupnya. Saat ini lokasinya berpindah, dulu di sekitar lokasi semburan lumpur terdapat produksi kalsit tapi kini sudah tidak ada.

Warga merasa khawatir dan mengeluhkan jika mendekat lokasi akan terhirup bau belerang dan gas yang menyengat. Sehingga untuk sementara pihak aparat pemerintahan desa hanya memberi imbauan agar tidak main api di sekitar semburan lumpur, karena belum diketahui zat dan kandungannya.

Sementara itu, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, dalam waktu dekat berencana akan membuat garis pembatas darurat atau zona aman. Selain itu juga akan segera berkoordinasi dengan BNPB, Vulkanologi, ESDM, Geologi dan melaporkan ke BPBD Jawa Barat.

"Agar bisa dilakukan kajian dan penelitian apakah ada manfaat yang positif dan meminimalisasi dampak negatifnya. Terus kita upayakan untuk mengurangi kemungkinan adanya risiko yang berbahaya bagi lingkungan sekitar," kata Kepala BPBD Cirebon, Alex, Selasa (2/6/2021). 

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut