get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Warga dan Nelayan Masih Bersihkan Tumpahan Minyak di Perairan Cilacap

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:30 WIB
header img
Ribuan warga bersama nelayan masih terlihat membersihkan cemaran minyak yang terjadi di sekitar Dermaga Batre, Wijayapura hingga ke Area 70. (Foto: Elde Joyosemito/iNewsPurwokerto.id)

Cecep menjelaskan bahwa penyebab terjadinya ceceran minyak sampai saat ini dalam penelusuran. 

“Karena peristiwa itu terjadi di area operasional kami, sehingga saat ini kami fokuskan dulu untuk segera melakukan pembersihan area perairan terdampak,” jelasnya.

Cecep menambahkan saat ini terus dilakukan upaya pembersihan sisa lapisan minyak yang tipis. "Kami terus lakukan monitoring untuk memastikan perairan segera kembali bersih," pungkasnya.

Sementara menurut Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI) Cilacap, Sarjono berharap tumpahan minyak yang berada di perairan Kabupaten Cilacap segera teratasi. Pasalnya, dampak akibat pencemaran minyak ini jika tidak segera tertangani sangat berpengaruh terhadap nelayan kedepannya.

"Efek bagi nelayan kalau ada kebocoran seperti ini banyak sekali, terutama ke biota laut. Kalau seperti ini (tidak meluas) saya kira masih bisa dibersihkan. Tapi kalau yang sudah keluar ke perairan lepas itu yang bisa mematikan biota laut," kata Sarjono.

Dia mengatakan, jika tumpahan minyak ini tidak segera ditangani dan meluas ke lautan lepas bisa berimbas pada menurunnya pendapatan ikan tangkap nelayan.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut