get app
inews
Aa Read Next : Dosen IT Telkom Purwokerto Latih Digital Marketing untuk Anggota KPMD 

Sains Data ITTP Gelar Webinar untuk Siswa SMA

Minggu, 17 Oktober 2021 | 19:26 WIB
header img
Program Studi Sains Data Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) mengenalkan ilmu sains data khususnya sains data Institut Teknologi Telkom Purwokerto kepada siswa SMA.

PURWOKERTO, iNews.id – Program Studi Sains Data Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) mengenalkan ilmu sains data khususnya sains data Institut Teknologi Telkom Purwokerto kepada siswa SMA. Acara bertajuk Sains Data Fair : Introduction of  Data Science for High School dibuka oleh Ketua Program Studi S1 Sains Data Siti Khomsah pada Sabtu (16/10/2021).

Kaprodi Sains Data ITTP Siti Khomsah menjelaskan bahwa era big data dewasa ini tidak terhindarkan. Setiap konten yang kita unggah ke internet, baik itu foto, tulisan, suara maupun video, itu semua adalah data, adapun big data ialah merupakan suatu kumpulan data yang memiliki kapasitas dan jumlah sangat banyak.

“Banyak sekali jenis data yang berada di antara kita. Hal ini disebut sebagai era big data. Maka diperlukan suatu metode khusus agar nantinya data tersebut bisa dianalisis hingga didapatkanlah sebuah informasi yang bisa digunakan untuk mengambil keputusan. Kalau di organisasi, bisa digunakan untuk mengambil keputusan organisasi, kalau di bidang bisnis, berarti bisa untuk membuat strategi bisnis yang lebih baik atau lebih memungkinkan,”katanya.

Para peserta pun sangat antusias menyimak materi yang dibawakan narasumber. Hal ini tentu disebabkan karena ilmu data merupakan ilmu yang sedang digandrungi. Karena pesatnya perkembangan data, pekerjaan di bidang data menjadi sangat dibutuhkan. Hal ini didukung oleh pernyataan Thomas Davenport dan D.J. Patil dari Harvard Business Review yang mengatakan bahwa “ilmuwan data merupakan pekerjaan terseksi abad ini”.

Mengingat bahwa tingginya kebutuhan akan SDM yang ahli data, maka untuk menjawab tantangan ini Institut Teknologi Telkom Purwokerto dengan tanggap membuka program studi S1 Studi Sains Data. Hal ini sekaligus menobatkan Institut Teknologi Telkom Purwokerto sebagai kampus dengan prodi sains data pertama di Jawa Tengah (2020) dan kedua di Indonesia (2020).

Sains Data merupakan ilmu yang bisa dipelajari oleh semua orang tanpa memandang latar belakang. “Maka yang berasal dari rumpun ilmu sosial, ekonomi mereka bisa belajar data science. Jadi bagi adik-adik yang lulusan SMA IPA/IPS ataupun SMK bisa ikut bergabung,” ujar Siti.

Dia menambahkan Prodi Sains Data ITTP memiliki visi yaitu pada tahun 2027, menjadi program studi yang berdaya saing internasional di bidang artificial intelligence data science yang mendukung health, agriculture, dan tourism dan small medium enterprise (HATS).

“Adik-adik menjadi seorang data saintis harus mampu berkolaborasi dengan orang-orang yang berlatar belakang bidang ekonomi, bidang kesehatan, bidang keuangan, dan lain-lain karena bidang data science tidak hanya melulu tentang ilmu komputer, tetapi juga bisa diterapkan ke banyak hal,”tandasnya.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut