get app
inews
Aa Read Next : Mantan Gubernur Jawa Barat Solihin GP Meninggal Dunia

Mengintip Kampung Janda Muda, Ada Wanita Usia 17 Tahun Sudah 2 Kali Menjanda

Jum'at, 01 Juli 2022 | 16:19 WIB
header img
Ilustrasi janda-janda muda sedang mandi di kali. Foto: iNews iD/ (Aryanto/ Dok.)

DESA Ciburayut, merupakan sebuah perkampungan yang berada diantara kaki Gunung Salak dan Gede Pangrango. Di Desa yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini dikenal banyak dihuni para janda muda atau wanita tak bersuami.

Istilah 'Kampung Janda' pun melekat di Desa tersebut akibat banyaknya janda yang tinggal di kampung tersebut hingga menimbulkan fenomena sosial yang terjadi

Dari informasi yang dihimpun MNC Portal, Desa Ciburayut dihuni sekitar 30 keluarga yang semuanya merupakan janda. Usia perempuan yang menjanda berkisar dari 25 hingga 50 tahun. Dan yang menarik, kebanyakan warga yang tinggal di kampung ini adalah para janda muda.

Tingginya pernikahan dini menjadikan salah satu faktor yang menyebabkan banyaknya janda muda di kampung ini.

Tak dipungkiri, pernikahan di usia muda memang sangat rentan terjadinya perceraian karena pola pikir dan emosi yang masih labil. Belum lagi kondisi ekonomi yang serba sulit kerap memicu pertengkaran yang berujung pada perceraian.

Selain itu, fenomena nikah muda di desa ini juga terjadi karena rendahnya pendidikan masyarakat. Hampir kebanyakan, warga di Desa Ciburayut hanyalah tamatan SD. Bahkan di kampung tersebut ada perempuan yang masih berusia 17 tahun tapi sudah menjanda hingga dua kali.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut