get app
inews
Aa Read Next : Jemaah Haji Kloter 17 Purbalingga Dilepas, Ini Pesan Wakil Bupati

Banyumas Siap Kembangkan Kakao, Kementan dan Komisi IV DPR Siap Bantu

Selasa, 19 Oktober 2021 | 06:41 WIB
header img
Anggota Komisi IV DPR Sunarna menyerahkan bantuan bibit dengan didampingi Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono. (foto: Elde Joyosemito)

PURWOKERTO, iNews.id- Pemkab Banyumas menyiapkan lahan 480 hektare (ha) di Desa Darmakradenan, Ajibarang dan beberapa wilayah di Gumelar sebagai lokasi pengembangan kakao. Pemkab akan mendekati masyarakat setempat, karena saat sekarang kebanyakan ditanami singkong.

“Lahan yang akan dikembangkan kakao adalah lahan PT RSA 480 ha. Sebelumnya sempat ramai, tetapi sekarang telah diselesaikan dengan damai. Sekarang pemkab sudah memiliki konsep pengembangan di sana. Nantinya, akan dikembalikan menjadi lahan kakao kembali,”jelas Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono setelah pembukaan bimbingan teknis (bimtek) tanaman perkebunan pada Senin (18/10/2021).

Dikatakan oleh Sadewo, pihaknya bakal mendekati para pegiat di kawasan setempat untuk kembali dilatih bagaimana menanam kakao. Bahkan, nantinya bisa sampai pengepakannya. “Tidak gampang mengubah mindset dari menanam singkong menjadi kakao. Memang harus ada bimtek dulu. Bisa nanti dikirim ke Puslitbang Perkebunan. Mulai dari budidaya sampai ke packing, bisa diajari. Bahkan, ada mess untuk para petani,”katanya.

Menurut Wakil Bupati, konsep pengembangkannya tidak hanya menanam kakao. Namun, sampai pada pemrosesan untuk menjadi coklat, sehingga nantinya bisa dikembangkan juga wisata di daerah setempat.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut