get app
inews
Aa Read Next : Usai Dikalahkan Irak, Begini Respons Justin Hubner

Colin Powell Antara Pahlawan atau Penjahat Perang

Selasa, 19 Oktober 2021 | 13:18 WIB
header img
Colin Powell siapa tak kenal perannya saat Amerika Serikat menggempur Irak dan menggulingkan Saddam Hussein dari posisinya sebagai presiden.(Foto: Reuters)

WASHINGTON,iNews.id - Colin Powell siapa tak kenal perannya saat Amerika Serikat menggempur Irak dan menggulingkan Sadam Husein dari posisinya sebagai presiden.

Mantan Menteri Pertahanan Amerika Serikat era Presiden George W Bush ini meninggal dunia setelah terinfeksi virus Covid-19, Senin (18/10/2021). 

Bagi publik Amerika, dia dipuji layaknya pahlawan karena jasa-jasa militer dan diplomatiknya, namun bagi warga Irak dia dianggap sebagai salah satu penjahat perang.

Dialah pejabat Amerika yang meyakinkan Dewan Keamanan PBB pada tahun 2003 untuk membenarkan perang yang menghancurkan Irak.

Kabar kematian Powell di usia 84 mengeruk perasaan marah di Irak. Mantan menteri luar negeri yang pernah menjadi jenderal top Amerika itu menjadi salah satu dari beberapa pejabat pemerintahan George W Bush yang bertanggung jawab atas invasi terhadap rezim Presiden Irak Saddam Hussein.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut