get app
inews
Aa Read Next : Begini Suasana Prosesi Puncak Ibadah Haji yang juga Dilaksanakan Bupati Kebumen

Apa Arti Hari Tarwiyah, Begini yang Harus Dilakukan Jamaah Haji

Kamis, 07 Juli 2022 | 15:12 WIB
header img
Apa arti tarwiyah? Puasa Tarwiyah bagi Muslim di Indonesia amalan sunah ini dikerjakan pada Jumat, 8 Juli 2022. Foto: Dok

APA arti tarwiyah? Sementara Puasa Tarwiyah bagi Muslim di Indonesia amalan sunah ini dikerjakan pada Jumat, 8 Juli 2022. Namun apa sebenarnya tarwiyah atau hari tarwiyah itu? Disebut demikian sebab pada hari itu jamaah haji mempersiapkan diri menuju wukuf ke Padang Arafah dengan mencukupkan atau mengeyangkan diri denga air untuk persiapan ibadah wukuf.

Selanjutnya Hari Tarwiyah jatuh setiap tanggal 8 Dzulhijjah tahun hijriah. Nah hal-hal apa saja yang dapat dilakukan jamaah ibadah haji pada saat itu, yakni:

1. Disunahkan bagi orang yang menunaikan haji tamattu’ untuk melakukan ihram haji pada hari tersebut, yakni dari tempat di mana ia singgah. Maka, hendaknya ia mandi dan mengusapkan wewangian di tubuhnya, tidak mengenakan kain yang berjahit, dan ia ihram dengan selendang, kain dan sandal.

Adapun bagi wanita, maka hendaknya ia mandi dan menggunakan pakaian apa saja yang dikehendakinya dengan syarat tidak menampakkan perhiasannya, tidak memakai penutup muka, juga tidak memakai kaos tangan.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut