get app
inews
Aa Read Next : Ferdy Sambo Divonis Mati, Tangis Ibunda Brigadir J Pecah

Jika Autopsi Ulang, Makam Brigadir J Bakal Dibongkar

Rabu, 20 Juli 2022 | 07:08 WIB
header img
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo (Foto iNews.id)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Kepolisian bakal membongkar makam Brigadir J, kalau keluarga meminta autopsi ulang. Namun sebelumnya, polisi meminta kepada keluarga untuk mengajukan permohonan autopsi ulang jasad dari Brigadir J. 

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan polisi tetap akan memenuhi rasa keadilan seluruh masyarakat. Selain itu juga mengedepankan keterbukaan dan transparansi. menjelaskan, permohonan itu dipersilakan demi menegakan komitmen dari Polri untuk memenuhi rasa keadilan dari seluruh masyarakat.  

Ia mengatakan proses autopsi ulang akan tetap dilakukan oleh pihak yang memiliki pengalaman dan ahli di bidang tersebut.  

"Dalam hal ini adalah kedokteran forensik. Kedokteran forensik Polri tentunya tidak boleh sendiri, kami juga meng-hire dari pihak luar, dalam rangka untuk apa, untuk betul-betul hasilnya itu sahih dan bisa dipertanggung jawabkan dari sisi keilmuan dan dari semua metode sesuai dengan standar internasional,”jelasnya dalam jumpa pers di Gedung Divisi Humas Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/7/2022). 

Dedi menambahkan, ekshumasi mayat atau ekshumasi itu ada standar internasionalnya, dan itu akan diaudit karena itu sesuai standar kode etik dan profesi

Ia melanjutkan ekshumasi adalah penggalian mayat atau pembongkaran kubur yang dilakukan demi keadilan oleh yang berwenang dan berkepentingan dan selanjutnya mayat tersebut diperiksa secara ilmu kedokteran forensik. 

“Hasil komunikasi kami dengan Dir Tipidum, dari pihak pengacara apabila ingin mengajukan ekshumasi, dari penyidik terbuka, ini sesuai komitmen Bapak Kapolri,”ujarnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut