get app
inews
Aa Read Next : Thaif: Jejak Sejarah Kota Bersejarah di Timur Tengah

Imam Abu Hanifah Sangat Ngotot Menuntut Ilmu Agama, Punya 4 Ribu Guru

Kamis, 21 Juli 2022 | 13:36 WIB
header img
IMAM Abu Hanifah rahimahullah menjadi orang yang sangat berjasa dalam perkembangan Islam. (Foto: Ilustrasi)

IMAM Abu Hanifah rahimahullah menjadi orang yang sangat berjasa dalam perkembangan Islam.

Imam Abu Hanifah berjasa dalam menyampaikan ilmu-ilmu yang telah Rasulullah SAW ajarkan kepada para sahabat-sahabatnya bisa sampai kepada umat hingga akhir zaman sesuai yang dicontohkan.

Sekadar diketahui,  semakin jauh dari masa Rasulullah dan semakin luas daerah-daerah yang mengenal Islam, semakin luas pula perkembangan ilmu keislaman. 

Perkembangan di sini diartikan dalam hal yang positif bukan perkembangan yang keluar dari garis besar tuntunan Islam.

Misalnya, dahulu di zaman Rasulullah dan sahabatnya, huruf-huruf Alquran ditulis dengan tanpa menggunakan harokat dan tanda titik. 

Setelah orang-orang non-Arab mengenal Islam, penulisan huruf-huruf Alquran lebih disederhanakan dengan menambahkan titik pada huruf-huruf yang hampir sama, lalu di masa berikutnya ditambahkan harokat. Yang demikian dimaksudkan agar orang-orang non-Arab mudah membacanya.

Demikian juga dalam permasalahan agama secara umum, para sahabat dimudahkan dalam memahami Islam karena mereka bisa bertanya langsung dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para tabi’in bisa bertanya kepada para sahabat.

Adapun orang-orang setelah mereka, dengan penyebaran Islam yang luas membutuhkan penyederhanaan yang lebih mudah dipahami oleh akal pikiran mereka.

Nah, orang pertama yang melakukan usaha besar menyederhanakan permasalahan ini adalah seorang imam besar yakni Imam Abu Hanifah rahimahullah. Beliau menyusun kajian fikih dan mengembangkannya demi kemudahan umat Islam.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut