get app
inews
Aa Read Next : Subhanallah, Ini Keutamaan Sedekah Air Sebagai Amalan Paling Afdhal dan Mulia

Sedekah Membuat Harta Jadi Berkah, Bukan Jadi Jatuh Miskin

Sabtu, 23 Juli 2022 | 10:10 WIB
header img
Sedekah akan membuat harta Anda menjadi berkah, bukan membuat Anda menjadi jatuh miskin.  Foto: Freepik

SEDEKAH akan membuat harta Anda menjadi berkah, bukan membuat Anda menjadi jatuh miskin.  

Jadi sedekah tidak mengurangi harta. Ini bukan sekadar pemanis atau penyemangat agar setiap Muslim mau membagikan hartanya di jalan Allah Subhanahu wa ta'ala. 

Namun benar-benar ganjaran yang nyata dari-Nya. Demikian diungkapkan Ustadz Firanda Andirja. Bersedekah merupakan amal ibadah yang sangat disukai Allah Subhanahu wa ta'ala. Ada banyak ayat-ayat suci Alquran dan hadis tentang sedekah serta keutamaannya.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak." (QS Al hadid: 18)

Ustadz Dr Firanda Andirja Lc MA. (Foto: YouTube Yufid TV)

Ustadz Firanda mengungkapkan, hal ini juga dipertegas oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلَّا عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلَّا رَفَعَهُ اللَّهُ

Artinya: "Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya." (HR Muslim Nomor 2588 Syarh Shahih Muslim)

"Bertambahnya harta dari sedekah bermakna dua sisi. Yang pertama adalah Kaif yaitu dari sisi kualitas. Katakan seseorang memiliki harta 100 ribu dan menyedekahkan setengahnya. Mungkin hartanya berkurang dari 100 ribu jadi 50 ribu, tapi Allah berkahi 50 ribu yang disedekahkan tersebut," jelas Ustadz Firanda, dikutip dari kanal YouTube-nya Firanda Andirja, Sabtu  (23/7/2022).

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut