get app
inews
Aa Read Next : Tabligh Akbar Sambut Tahun Baru Islam, Busyro Muqoddas Menyapa Umat Lewat Pengajian

Doa Tahun Baru Islam 1 Muharram, Adakah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Menyontohkannya?

Jum'at, 29 Juli 2022 | 11:20 WIB
header img
Doa Tahun Baru Islam 1 Muharram apakah pernah diajarkan atau dicontohkan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam? (Foto: Freepik)

DOA Tahun Baru Islam 1 Muharram apakah pernah diajarkan atau dicontohkan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam?

Setiap amalan ibadah, termasuk sunah maka harus ada tuntunannya. Nah para sahabat Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam membaca doa di bawah ini saat memasuki awal bulan atau awal tahun.

Dari ‘Abdullah bin Hisyam radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, 

Adapun berikut doanya yakni:  

اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيْمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالإِسْلَامِ، وَجِوَارٍ مِنَ الشَّيطَانِ، وَرِضوَانٍ مِنَ الرَّحمَنِ

ALLOHUMMA AD-KHILHU ‘ALAINAA BIL AMNI WAL IIMAANI WAS SALAAMATI WAL ISLAAM, WA JIWAARIM MINASY-SYAITHOONI, WA RIDHWANIM MINAR ROHMAANI

Artinya: Ya Allah, masukkanlah kami pada bulan ini dengan rasa aman, keimanan, keselamatan, dan Islam, juga lindungilah kami dari gangguan setan, dan meraih rida Allah (Ar-Rahman). (HR. Al-Baghawi dalam Mu’jam Ash-Shahabah, sanadnya sahih. Imam Ibnu Hajar mensahihkan hadits ini dalam Al-Ishabah, 6:407-408. Hadits ini mawquf termasuk perkataan sahabat sesuai syarat kitab shahih).

Sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid, “Doa ini ada riwayatnya. Seorang muslim sangat bagus sekali mengamalkan doa ini ketika masuk awal bulan (terlihat hilal).” (Fatawa Al-Islam Sual wa Jawab, no. 322345)

*Doa di atas yang sahih tersebut cukup diamalkan sendiri dan ajarkan pada yang lain tanpa ada pensyariatan secara berjamaah. Wallahu a’lam.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut