get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Purwokerto dan Cilacap Alami Inflasi

Rabu, 03 November 2021 | 14:01 WIB
header img
Ilustrasi Pasar (Foto : Aryo Rizqi)

Permintaan pasar tersebut salah satunya dipengaruhi oleh permintaan dari horeka (hotel, restauran, kafe) yang operasionalnya berangsur normal paska pelonggaran PPKM. Di sisi lain, inflasi lebih tinggi tertahan oleh harga telur ayam ras yang terpantau masih melemah dan penurunan harga emas perhiasan sejalan dengan penurunan harga emas dunia.

Secara tahunan, Purwokerto tercatat mengalami inflasi sebesar 1,76% (yoy). Inflasi tersebut relatif terkendali dan berada di bawah rentang sasaran inflasi 2021 sebesar 3%±1% (yoy). Capaian inflasi tahunan pada bulan Oktober 2021 lebih rendah dibandingkan rata-rata historis inflasi bulan September dalam dua tahun terakhir (2019 s.d 2020) yang sebesar 1,87% (yoy).

Pada periode yang sama, Cilacap juga tercatat mengalami inflasi sebesar 0,23% (mtm) atau 1,43% (yoy) dan 0,69% (ytd). “Inflasi utamanya bersumber dari peningkatan harga kelompok makanan, minuman dan tembakau yang memberikan andil sebesar 0,16% (mtm). Adapun komoditas yang menjadi penyumbang inflasi tertinggi adalah daging ayam ras, minyak goreng, cabai merah, sabun detergen bubuk, dan pipa,”jelasnya.

Secara tahunan, Cilacap tercatat mengalami inflasi sebesar 1,43% (yoy). Inflasi tersebut relatif terkendali dan berada di bawah rentang sasaran inflasi 2021 sebesar 3%±1% (yoy). Capaian inflasi tahunan pada bulan Oktober 2021 juga lebih rendah dibandingkan rata-rata historis inflasi bulan September dalam dua tahun terakhir (2019 s.d 2020) yang sebesar 1,66% (yoy).

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut