get app
inews
Aa Read Next : Daftar 5 Pelatih Bulu Tangkis Terbaik Dunia, 2 Kebanggaan Indonesia

6 Pelatih Sepak Bola Berkarir di Luar Negeri, No. 5 Mantan Bintang Timnas

Rabu, 03 Agustus 2022 | 07:53 WIB
header img
Legenda sepak bola Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto jadi asisten pelatih FC Como, klub Serie B Liga Italia.

JAKARTA, PurwokertoiNews.id - Karir pelatih asal Indonesia di dunia sepak bola cukup membanggakan. Pasalnya, ada pelatih-pelatih yang berkarir di luar negeri.

Beberapa di antaranya adalah mantan pemain top Timnas Indonesia. Bahkan, kini dia menjadi pelatih pemain gelandang peraih Piala Dunia. 

Para pelatih itu menimba ilmu di negara orang dan kemudian berkarir di klub-klub asing. 

Ini daftar pelatih yang melatih di luar negeri. Mereka adalah:

1. Rahmad Darmawan 

Karir di dunia kepelatihan sepak bola bagi Rahmad Darmawan cukup panjang. Sebelum menjadi pelatih, pria kelahiran 26 November 1966 ini pernah bermain mewakili Lampung di ajang PON ke-11. RD, panggilan akrabnya, sempat memperkuat skuat Timnas Indonesia U-23, meskipun gagal bertanding karena cedera. Dia lalu bergabung dengan Persija Jakarta. 

Setelah gantung sepatu pada 1998, Coach RD merintis karier sebagai pelatih dengan menjadi asisten pelatih di Persikota Tangerang. Sejak itu, dia berpindah-pindah menangani berbagai klub, sebut saja Persipura, Persija, Sriwijaya FC, hingga Madura United. Dia pernah beberapa kali mengasuh penggawa Timnas Indonesia.  

Tidak hanya itu, Rahmad Darmawan juga sempat melatih klub sepak bola Malaysia, Terengganu FC II, pada tahun 2015 sampai 2017. Kini, pelatih yang telah mengantongi lisensi UEFA Pro ini dipercaya melatih RANS FC. 

2. Pudji Handoko 

Assalam FC, klub sepak bola asal Timor Leste merekrut pemain muda Persela Lamongan. Ternyata, dalam perekrutan itu, bukan hanya pemainnya, Assalam FC juga turut merekrut mantan pelatih Persela Lamongan, Pudji Handoko.  

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut