get app
inews
Aa Read Next : Makna dan Filosofi Ageman Songkok Singkepan Ageng yang Dikenakan Presiden Jokowi saat HUT RI

10 Film Perjuangan untuk Nonton Bareng di Malam Menjelang HUT RI

Rabu, 16 Agustus 2023 | 09:34 WIB
header img
Nonton bareng film perjuangan kemerdekaan RI bisa menjadi alternatif acara jelang peringatan 17 Agustus. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id-Menjelang peringatan HUT RI, biasanya warga melaksanakan tirakatan malam menjelang 17 Agustus. Nah, salah satu alternatifnya bisa diisi dengan nonton bareng film perjuangan kemerdekaan RI.

Menghadapi momen istimewa ini, terdapat berbagai cara bagi masyarakat untuk memupuk semangat nasionalisme dan mengenang pengorbanan para pahlawan, salah satunya adalah dengan menonton film-film yang mengisahkan perjuangan.

Berikut adalah 10 film bertema perjuangan kemerdekaan Indonesia yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Soekarno

Film "Soekarno: Indonesia Merdeka" mengisahkan tentang perjuangan Ir. Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Film ini pertama kali ditayangkan pada 11 Desember 2013. Aktor Ario Bayu memerankan peran "Putra Sang Fajar."

2. Jenderal Soedirman

Film "Jenderal Soedirman" dirilis pada 27 Agustus 2015. Aktor muda Adipati Dolken memerankan tokoh pahlawan karismatik ini. Film ini mengisahkan tentang seorang jenderal besar yang memimpin perang gerilya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia, meskipun mengidap penyakit paru-paru.

3. Merah Putih

"Merah Putih" merupakan bagian pertama dari Trilogi Merdeka dan tayang perdana pada 13 Agustus 2009. Dibintangi oleh lima aktor berpengalaman seperti Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, Zumi Zola, dan Teuku Rifnu Wikana. Film ini menceritakan tentang Agresi Militer Belanda I pada tahun 1947 dan dipersembahkan untuk pahlawan Letnan Satu R.M. Subianto Djojohadkusumo dan Kadet R.M. Sujono Djojohadikusumo.

4. Bandung Lautan Api

Film ini mengangkat kisah nyata yang terjadi pada tahun 1946 di Kota Bandung, di mana bangunan-bangunan di kota tersebut dibakar oleh penduduknya agar sekutu dan tentara Belanda tidak bisa menggunakan fasilitas tersebut. Film ini dibintangi oleh aktris senior Christine Hakim.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut