get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Anggota KPPS di Cilacap Diduga Keracunan, Ini Kronologinya

Pergerakan dan Longsor Landa Sejumlah Tempat di Cilacap

Jum'at, 05 November 2021 | 12:57 WIB
header img
Pergerakan tanah yang melanda Cilacap. (Foto: Dok BPBD Cilacap)

CILACAP, iNews.id - Intensitas hujan yang tinggi memicu pergerakan tanah di dusun Cilulu desa Dayeuhluhur Kecamatan Dayeuhluhur. Akibatnya, sejumlah rumah warga rusak ringan hingga rusak berat. Rumah-rumah yang terdampak pergerakan tanah tersebut berada di RT 01 dan 03 RW XII. Dari 42 rumah yang terdampak, 5 diantaranya rusak berat, 8 rusak sedang, dan 4 rusak ringan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun warga mengungsi ke tempat yang lebih aman dengan menumpang di rumah kerabat.

Camat Dayeuhluhur Aji Pramono mengatakan bahwa warga di dusun Cilulu telah bertindak cepat dengan segera meninggalkan rumah mereka pada saat kejadian pergerakan tanah untuk mencari tempat yang lebih aman.

“Alhamdulillah, karena pergerakan tanah yang tidak langsung, warga masyarakat telah mengantisipasi dengan mengungsi ke tempat yang lebih aman sehingga tidak ada korban jiwa,” kata Aji saat mendamping Bupati Cilacap mengunjungi lokasi bencana.

Kejadian pergerakan tanah di wilayah kecamatan Dayeuhluhur ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya terjadi di tahun 2003. Dalam kajian geologi yang pernah dilakukan di wilayah tersebut, diprediksi pergerakan tanah akan terjadi lagi 20 tahun kemudian.
Aji Pramono mengaku telah melakukan langkah-langkah penanganan diantaranya dengan membentuk posko. “Langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Forkopimcam, tadi pagi kami meninjau lokasi dan membentuk posko. Jika dibutuhkan oleh masyarakat yang saat ini mengungsi di rumah keluarga yang lebih aman, kami juga akan membentuk  dapur umum supaya tidak membebani rumah yang dipakai untuk mengungsi,” tambahnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut