Masih Hindia Belanda, Timnas Indonesia jadi Negara Asia Pertama yang Ikut Piala Dunia

Rilo Pambudi
.
Minggu, 07 Agustus 2022 | 21:28 WIB
Sejarah mengungkap jika pada tahun 1938, Indonesia menjadi negara Asia pertama yang ikut dalam ajang Piala Dunia. (Foto: AFC)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Sejarah mengungkap jika pada tahun 1938, Indonesia menjadi negara Asia pertama yang ikut dalam ajang Piala Dunia. Kala itu, timnas Indonesia masih bernama Hindia Belanda.

FIFA bahkan secara resmi mengakui bahwa Indonesia adalah negara Asia pertama mengikuti Piala Dunia. 

Dikutip iNews.id dari laman resmi FIFA, Selasa (2/8/2022), Timnas Indonesia pernah ikut turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia, tepatnya pada Piala Dunia tahun 1938 di Prancis. Pada gelaran Piala Dunia ke-3 tersebut masih bernama Hindia Belanda.

Padahal jika berbicara tentang negara Asia yang pertama kali mengikuti Piala Dunia, nama Jepang atau Korea Selatan memiliki perkembangan sepak bola lebih maju di wilayah Asia Timur. Bahkan sering pentas di Piala dunia.

Namun, anggapan tersebut sama-sekali keliru, lantaran Korea baru tampil di Piala Dunia pada 1954. Sedangkan Jepang yang yang dianggap sebagai kiblat sepak bola Asia justru baru pertama kali mengikuti Piala Dunia pada 1998 yang digelar di Prancis.

Sejarah Timnas Indonesia jadi Negara Asia Pertama Piala Dunia

Debut Hindia Belanda di turnamen empat tahunan itu terjadi pada tanggal 5 Juni 1938 di Reims, Prancis. Saat itu, tim yang menjadi buyut Timnas Indonesia menghadapi Hungaria.

Selain Hindia Belanda, Jepang sebenarnya menjadi tim Asia lainnya yang sempat mendaftar untuk kualifikasi Piala Dunia. Namun karena Jepang mundur, Hindia Belanda menjadi satu-satunya tim wakil Asia di ajang tersebut.

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini