get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Pameran Smecone Visual Art Exhibitions, Ingatkan Kembali Sejarah Aliran Seni Lukis Mooi Indie

Senin, 14 Agustus 2023 | 20:09 WIB
header img
Pameran Smecone Visual Art Exhibitions, Ingatkan Kembali Sejarah Aliran Seni Lukis Mooi Indie. Foto: Dok Smecone Visual Art Exhibitions

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Untuk mengingatkan kembali aliran seni lukis Mooi Indie atau yang dalam bahasa Indonesia adalah Hindia Elok, Hindia Jelita, Hindia Molek yang berkembang di Hindia Belanda pada abad ke-19. Komunitas seni lukis Kabupaten Banyumas menggelar pameran Smecone Visual Art Exhibitions yang mengangkat sejarah seni rupa mooi indie yang pernah populer di Kabupaten Banyumas, tepatnya di Kecamatan Sokaraja.

Bertempat di SMK Negeri 1 Purwokerto, Senin-Rabu (14-16/8/2023), komunitas tersebut mencoba mengulang kembali sejarah Mooi Indie di Sokaraja, Banyumas yang konon dahulu terkenal dengan galeri lukisan terpanjang se Asia Tenggara. Meski cerita tersebut belum dapat terbukti secara konkret.

"Pasalnya pada zaman kita tidak memiliki arsip-arsip yang lengkap dan bukti fisiknya masih belum kuat, hanya mendengar cerita dari pelaku sejarah yang menjelaskan bahwasannya lukisan sokaraja memiliki unsur yang kuat dengan sejarah Mooi Indie di Indonesia," kata Pembina Kuratorial Mooi Indie Smecone Visual Art Exhibitions, Bogi Pranata dalam keterangannya, Senin (14/8/2023).

Menurut Bogi pada gelaran pameran Smecone Visual Art Exhibitions tahun ini pihaknya ingin merespon ulang sejarah seni rupa lokal culture dan ingin membangkitkan lagi kenangan sejarah seni rupa khususnya Lukisan Sokaraja.

"Kami ingin merespon tentang ingatan, sejarah, pengetahuan, dan berkarya dengan style atau gaya kami mengajak seluruh peserta didik agar dapat berkolaborasi mengusung tema Mooi Indie," ujarnya.

Menurut Bogi, hal ini menarik untuk diulas sebagai materi pelajaran seni rupa di sekolah-sekolah. Maka dari itu, kegiatan ini melibatkan para peserta didik agar tidak melupakan sejarah yang pernah mengangkat Kabupaten Banyumas dibidang seni rupa.

"Tentunya kami semua beserta anak-anak bisa mengenal lebih dalam sejarah seni rupa dengan kita meriset langsung pada pelaku seni rupa yang hingga kini masih ada di Sokaraja, untuk menggali informasi dan melihat langsung contoh karya-karya yang masih ada," ungkapnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut