get app
inews
Aa Read Next : Tertinggal Sholat Jumat 1 Rakaat Lalu Dilanjutkan, Apakah Tetap Sah?

Dahsyatnya Hari Jumat dan Sejumlah Peristiwa Penting di Dalamnya

Jum'at, 19 Agustus 2022 | 11:12 WIB
header img
Hari Jumat dan peristiwa penting di dalamnya patut diketahui Muslim. Hari Jumat adalah hari yang sangat luar biasa. Foto: SINDOnews

HARI Jumat dan peristiwa penting di dalamnya patut diketahui Muslim. Hari Jumat adalah hari yang sangat luar biasa

Kata Jumat berasal dari bahasa Arab “Jum'ah” yang berarti berkumpul. Pada hari itu semua laki-laki Islam berkumpul untuk melaksanakan ibadah Sholat Jumat.

Semua aktivitas dihentikan sejenak dan bermunajat kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala  Sesungguhnya akhirat itu lebih baik lagi kekal. Sebagaimana firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan Solat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Qs. Al-Jumu’ah: 9)

Hari Jumat menjadi hari istimewa bagi umat Islam karena terdapat banyak peristiwa besar yang terjadi di hari itu. Berikut telah dirangkum mengenai beberapa peristiwa besar yang terjadi di Hari Jumat :

1. Pada hari Jumat seluruh mahluk diciptakan, langit, bumi, neraka dan surga menjadi sempurna

Imam Ibnu kasir dalam tafsirnya menjelaskan bahwa “dan pada hari itulah semua mahluk menjadi sempurna yaitu hari ke enam dimana Allah menciptakan langit dan bumi didalamnya. Hari ke enam adalah hari Jumat, karena kalender islam memulai menghitung hari dari hari Minggu, bukan dari hari Senin seperti kalender masehi."

Rasullullah SAW bersabda: “dalam tujuh hari, ada satu hari yang Allah memilihnya dari hari-hari keseluruhanya. Pada hari Jumat Allah menciptakan langit dan bumi, dihari itu juga Allah menyelesaikan ciptaanya, dan dihari itu juga Allah menciptakan surga dan neraka.” (HR. Abu Syaikh)

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut