get app
inews
Aa Read Next : Sederet Amalan Sunah di Hari Jumat, Menambah Pahala Jika Dikerjakan

4 Kejadian Penting dan Besar Terjadi Pada Hari Jumat

Jum'at, 15 Juli 2022 | 06:21 WIB
header img
Hari Jumat banyak kejadian atau peristiwa penting yang terjadi pada hari itu. Salah satunya hari kiamat. (Foto: ilustrasi/Pixebay)

HARI Jumat banyak peristiwa penting dan besar yang terjadi pada hari itu. Bagi umat Islam, hari Jumat adalah walinya para hari dan begitu banyak keberkahan hadir di dalamnya. 

Misalnya saja para malaikat bersholawat dan berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala memohon agar umat Islam diberi keberkahan serta keselamatan.

"Para malaikat bersalawat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala," kata Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin beberapa waktu lalu.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS Al Ahzab: 56)

Selain itu, pada hari Jumat juga terjadi beberapa peristiwa yang juga telah tercatat di dalam ayat-ayat suci Alquran. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman di Surah Al Jumu'ah Ayat 9:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوْمِ ٱلْجُمُعَةِ فَٱسْعَوْا۟ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: "Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan Sholat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS Al Jumu'ah: 9)

Nah, berikut ini empat peristiwa yang terjadi pada hari Jumat, dan harus diketahuinya setiap Muslim:

1. Diciptakannya Nabi Adam Alahissallam

Nabi Adam Alaihissallam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah Subhanahu wa ta'ala di bumi. Rasullullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Hari terbaik terbitnya matahari adalah hari Jumat, hari penciptaan Nabi Adam, hari masuk dan keluar surga Nabi Adam, dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali hari Jumat." (HR Muslim)

Kemudian dalam riwayat hadis lainnya juga disebutkan: "Pada hari itu (hari Jumat) bapak kalian semua (Nabi Adam Alaihissallam) masuk surga. Dan pada hari itu ia keluar dari surga." (HR Imam At thabrani)

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut