get app
inews
Aa Read Next : Muncul Wacana Pertandingan Italia Vs Argentina di International Supercup Final

Belgia Sikat Rusia 3-0, Lukaku Sumbang Dua Gol

Minggu, 13 Juni 2021 | 07:11 WIB
header img
Lukaku pencetak dua gol ke gawang Rusia.

SAINT PETERSBURG, iNews.id – Seperti diperkirakan sebelumnya, Belgia terlalu tangguh bagi Rusia. Belgia melesakkan tiga gol tanpa balas ke gawang Rusia pada matchday pertama Grup B Euro 2020 di Saint Petersburg Stadium, Minggu (13/6/2021) dini hari WIB.

Lukaku memberikan sumbangan dua gol untuk Belgia. Dia mendedikasikan gol pertamanya untuk rekannya di Inter Milan, Christian Eriksen. Eriksen tiba-tiba kolaps saat memperkuat Denmark kontra Finlandia beberapa jam sebelum Belgia melawan Rusia. Lukaku kemudian mencetak gol pertama untuk negaranya.

Dia berselebrasi dengan menghampiri kamera di pinggir lapangan. Lukaku kemudian mengucapkan 'Chris, Chris, i love you!' dalam bahasa Belanda.

Timnas Belgia memulai babak pertama laga kontra Rusia dengan gaya bermain menyerang. Alhasil, Timnas Belgia hampir saja membuka keunggulan mereka atas Rusia melalui aksi dari Yannick Carrasco.

Namun percobaan Carrasco masih gagal menemui sasaran. Timnas Jeblok, Salah Siapa? Babak pertama baru berjalan 10 menit, Timnas Belgia berhasil membuka keunggulan mereka atas Rusia. Adalah Romelu Lukaku yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor, setelah sontekannya meluncur deras ke dalam gawang Rusia.

Tersentak oleh gol cepat Timnas Belgia, membuat Rusia pun meresponsnya dengan bermain lebih menyerang. Bahkan Rusia hampir saja menyamakan kedudukan melalui sundulan Mario Fernandes.

Namun upaya bek berusia 30 tahun itu masih berhasil dimentahkan oleh Thibaut Courtois. Pada menit ke-22, Timnas Belgia hampir saja menambah keunggulan mereka atas Rusia jadi 2-0 via aksi Carrasco.

Akan tetapi tembakan terukur yang dilepaskan oleh pemain Atletico Madrid itu masih berhasil dimentahkan oleh Anton Shunin. Berselang 12 menit, Timnas Belgia berhasil memperbesar keunggulan mereka jadi 2-0 atas Rusia.

Kali ini giliran Thomas Meunier yang mencatatkan namanya di papan skor. Memaksimalkan blunder Shunin, Meunier melepaskan sontekan yang melesak ke dalam gawang Rusia.

Di pengujung babak pertama, Timnas Belgia hampir saja mencetak gol ketiga merek ke gawang Rusia. Namun aksi Thorgan Hazard masih gagal jadi gol. Hingga 45 menit pertama berakhir, kedudukan 2-0 untuk keunggulan

Timnas Belgia atas Rusia tetap menghiasi papan skor laga ini. Rusia yang tengah dalam kondisi tertinggal, memulai babak kedua pertandingan kontra Timnas Belgia dengan tempo permainan yang cepat. Alhasil, Rusia hampir saja memperkecil kedudukan melalui aksi dari Artem Dzyuba.

Namun aksinya masih gagal. Babak kedua berjalan 10 menit, Rusia kembali mendapatkan kesempatan untuk mengubah papan skor jadi 1-2. Kini giliran Aleksandr Golovin yang menebar ancaman ke lini pertahanan Timnas Belgia via tembakannya.

Tetapi, tembakan Golovin masih belum tepat sasaran. Berjarak 14 menit, giliran Timnas Belgia yang mendapatkan kesempatan untuk menambah keunggulan mereka atas Rusia melalui sontekan Carrasco.

Namun lagi-lagi upaya yang dilakukan oleh Carrasco tersebut masih belum berhasil membuahkan gol.

Pada menit ke-77, Rusia lagi-lagi gagal memaksimalkan peluang emasnya menjadi gol. Kali giliran Maksim Mukhin yang menyianyiakan kesempatan emas, setelah tembakan spekulasinya masih meluncur deras ke atas gawang Courtois.

Pertandingan hanya menyisahkan 5 menit lagi, Timnas Belgia mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol ketiga mereka ke gawang Rusia. Akan tetapi kans emas Timnas Belgia melalui tembakan Eden Hazard masih menyamping di sisi kiri gawang Rusia.

Timnas Belgia akhirnya berhasil menambah keunggulan mereka atas Rusia jadi 3-0 di menit ke-88. Adalah Lukaku yang berhasil mencetak brace-nya di pertandingan sontekan kaki kanannya meluncur deras ke dalam Rusia. Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda berakhirnya pertandingan, tidak ada gol tambahan yang berhasi dicetak kedua tim.

Timnas Belgia pun berhasil menutup pertandingan kontra Rusia dengan kemenangan 3-0. Berkat kemenangan tersebut, Timnas Belgia pun berhak memuncaki klasemen sementara Grup B Piala Eropa 2020. Tim arahan Roberto Martinez tersebut mengoleksi tiga poin dari satu pertandingan yang mereka mainkan.

Susunan Pemain

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Dedryck Boyata, Jan Vertonghen (Thomas Vermaelen 76’); Timothy Castagne (Thomas Meunier 27’), Leander Dendoncker, Youri Tielemans, Thorgan Hazard; Dries Mertens (Eden Hazard 72’), Yannick Carrasco (Dennis Praet 77’); Romelu Lukaku.

Pelatih: Roberto Martinez

Rusia (4-2-3-1): Anton Shunin; Mario Fernandes, Andrey Semenov, Georgi Dzhikiya, Yuri Zhirkov (Vyacheslav Karavaev 43’); Dimitri Barinov, Magomed Ozdoev; Roman Zobnin (Maksim Mukhin 63), Daler Kuzyaev (Aleksey Miranchuk 64’), Aleksandr Golovin; Artem Dzyuba.

Pelatih: Stanislav Cherchesov

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut