Unsoed Bersama Pemkab Tegal Kembangkan Tanaman Herbal 

Tim iNewsPurwokerto.id
.
Sabtu, 27 Agustus 2022 | 06:35 WIB
Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tegal, khususnya di Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung. (Foto Dok Unsoed)

TEGAL, iNewsPurwokerto.id -Peluang usaha tanaman herbal yang prospektif membuat Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tegal. Khususnya di Wisata Kesehatan Jamu (WKJ)  Kalibakung dan  warga Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang.

Saat ini, sudah tersedia lahan 9,2 hektare (ha), diharapkan  bisa memenuhi kebutuhan 65 persen herbal untuk WKJ Kalibakung sendiri serta permintaan pasar industri herbal. 

WKJ Kalibakung adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) -Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, yang melayani pasien dari berbagai tempat di sekitar wilayah Tegal dan beberapa daerah di Jateng serta Jawa Barat, bahkan hingga Jakarta. Pasien yang berobat ke tempat pelayanan kesehatan herbal satu-satunya di Jateng ini, diperiksa oleh dokter, dan obatnya berupa ramuan herbal atau jamu.  

"Kami berterima kasih kepada Unsoed yang telah menjalin kerjasama ini. Teknisnya nanti kita bicarakan lebih lanjut, dan kami siap memfasilitasi apa saja yang dibutuhkan. Kami berharap pada tahun 2023 kerjasama ini sudah terwujud dan berjalan sesuai harapan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tegal," ujar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Tegal Drs. Dadang Darusman, MM yang mewakili Bupati Tegal saat audiensi dengan Tim Unsoed di ruang rapat Sekda Kabupaten Tegal, Kamis (25/8/2022) dalam rilis tertulis yang diterima iNewsPurwokerto.id.

Dadang Darusman didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr. Ruzaeni, SH  M.M, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Wisata Kesehataan Jamu (UPTD WKJ) Kalibakung Umi Diyah Arti, S.KM dan Kepala Desa Kalibakung Mujiono, ST MH. 

Sedangkan dari Tim Unsoed, terdiri Wakil Rektor Unsoed Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Dr. Waluyo Handoko, S.IP.,M.Sc, Kepala Badan Pengelola Usaha (BPU) Unsoed Dr. Adi Indrayanto, SE, M.Sc, Koordinator Administrasi Umum BPU Unsoed Erlina Savitri, SE, MM dan Ketua Tim Riset dan Pemberdayaan Herbal- Program Penelitian Dasar Kompetitif Nasional (PDKN) Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristek Dikti) Dr Adhi Iman Sulaiman, SIP, M.Si beserta tim.

Audiensi ini sebagai tindak lanjut dari riset yang dilakukan Dr Adhi Iman Sulaiman bersama tim di Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal pada bulan Juli - Agustus lalu. 

Riset dengan tema "green economy" yang dikemas dalam bentuk pemberdayaan berupa budidaya tanaman dan produk herbal itu, diikuti 27 orang, terdiri 15 orang dari unsur PKK, Posyandu dan Kelompok Wanita Tani (KWT) dari generasi muda Desa Kalibakung, 5 orang dari UPTD WKJ Kalibakung dan 5 orang mahasiswa Unsoed.    

Saat penutupan kegiatan pada Rabu (3/8/2022) lalu di WKJ Kalibakung, Bupati Tegal Dra.Umi Azizah meyakini, ke depan pengobatan herbal akan berkembang dan diminati masyarakat. Hal ini seiring isu global dan gaya hidup kembali ke alam atau back to nature menjadi tren saat ini sehingga masyarakat kembali memanfaatkan berbagai bahan alami, termasuk pengobatan dengan tumbuhan obat atau herbal. Namun, banyak kalangan di masyarakat yang belum memiliki informasi yang cukup tentang tanaman berkhasiat obat.

Untuk lebih mempopulerkan tanaman herbal, termasuk budidaya,aneka produk herbal dan keberlangsungan peluang usaha tanaman herbal pada masa mendatang, maka Unsoed dan Pemkab Tegal sepakat menjalin kerjasama.

Dadang Darusman yang juga alumni Program Magister Manajemen Unsoed menegaskan, saat ini sudah tersedia total lahan seluas 9,2 hektar untuk ditanamai aneka jenis tamaman herbal, seperti temulawak, kumis kucing, jahe, kunir, daun tempuyung, meniran,sambiloto, salam, kayu manis, kunyit, kencur, sereh, lengkuas, kapulaga dan sebagainya. 

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini