get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Jalur Menuju Dieng Culture Festival 2022, Cek Rute yang Dapat Dilalui Wisatawan

Selasa, 30 Agustus 2022 | 12:35 WIB
header img
Anak gimbal Dieng (Instagram @dewipratiwi212

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Dieng Culture Festival (DCF) XIII pada 2-4 September tinggal menghitung hari. Sejumlah jalur menuju Dieng di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dapat menjadi alternatif para pengunjung yang akan menikmati gelaran budaya Dieng Culture Festival 2022.

Ketua Panitia DCF XIII, Alif Faozi mengatakan, ada beberapa rute menuju Dieng yang dapat dilalui wisatawan. Salah satunya dari arah tol Batang dan Pekalongan.

Rute Menuju Dieng dari Sejumlah Daerah


Dieng yang berada di perbatasan antara Wonosobo dan Banjarnegara menjadi salah satu daerah terdingin di Indonesia. (Foto: Elde Joyosemito)
 
Sejumlah jalur menuju Dieng, Kabupaten Banjarnegara yang dapat dilalui wisatawan untuk menikmati gelaran budaya Dieng Culture Festival 2022. Berikut ulasan yang dirangkum iNewsPurwokerto.id dari berbagai sumber: 

1. Rute Menuju Dieng dari Jakarta 

Berdasarkan data, rute menuju Dieng dari arah Jakarta dapat dilalui ketika berada di pintu tol Batang - Batur - Dieng. Rute lainnya adalah pintu tol Kandeman - Banyu Putih - Limpung - Bawang - Dieng. 

Adapula saat keluar pintu tol Pekalongan - Kajen - Kalibening - Dieng. Lalu alternatif lainnya adalah pintu tol Waleri Sukorejo - Tambi - Dieng.

"Ada beberapa jalur jika dari arah Jakarta, Cirebon, Jawa barat keluar tol di Batang bisa lewat Pekalongan jalur provinsi. Tetapi apabila kendaraannya bagus dan apabila memungkinkan dan memiliki pengalaman pernah melalui jalur alternatif, ada yang menuju arah Batur- Bawang," kata Alif beberapa waktu lalu kepada iNewsPurwokerto.id. 

Alif menjelaskan, terdapat jalur alternatif yang dapat dilalui wisatawan untuk menuju Dieng, yakni melalui tol kahyangan. Meski memiliki pemandangan alam yang eksotis, namun Alief menyarankan agar wisatawan yang akan melalui rute ini benar-benar memiliki pengemudi yang berpengalaman dan kondisi kendaraan yang prima.

"Ada juga yang lewat Batang melalui tol kahyangan. Tapi saya sarankan untuk pengemudinya memang pengemudi yang sudah berpengalaman, karena jalurnya kecil dan tanjakannya bagi yang belum pernah agak ekstrim dan kondisi kendaraan juga harus fit. Karena termasuk sedan dan lain lain tidak kita sarankan lewat situ," ucapnya.

2. Rute Menuju Dieng dari Bandung

Rute menuju Dieng dari arah Bandung dapat dilalui melalui tol Cileunyi -Tegal - Pekalongan - Kalibening - Dieng. Bisa juga melalui jalur tengah yakni melalui Bandung - Tasikmalaya - Purwokerto - Wonosobo atau Banjarnegara - Dieng.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut