get app
inews
Aa Read Next : Diduga Sampaikan Pernyataan Bermuatan SARA, Pria di Purworejo Dilaporkan ke Bawaslu

Kirab Tandu Divisi Soedirman di Purbalingga Pecahkan Rekor MURI

Rabu, 31 Agustus 2022 | 22:59 WIB
header img
Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mencatat rekor Kegiatan Kirab Tandu Divisi Soedirman di Kabupaten Purbalingga yang berakhir pada Rabu (31/8/2022) petang. (Foto iNewsPurwokerto/Elde Joyosemito)

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengungkapkan pencapaian rekor ini bukan untuk gagah-gagahan atau sombong-sombongan akan tetapi sebagai bentuk kebanggan masyarakat Purbalingga terhadap Jenderal Soedirman. Yaitu pahlawan yang berjuang, mencurahkan tenaga bahkan nyawa untuk Kemerdekaan Indoensia.

“Kita juga ingin membuktikan kepada masyarakat di luar sana bahwa dengan 2,5 tahun Purbalingga dilanda Pandemi Covid-19 akan tetapi alhamdulillah, Purbalingga masih kompak, Purbalingga masih guyub rukun dalam persatuan kesatuan dan kebersamaan,”lanjut Bupati.

Selain untuk kebanggan, kecintaan kepada Jenderal Sodirman, melalui kegiatan ini Kabupaten Purbalingga juga ingin menggemakan bahwa Purbalingga Tempat Lahir Panglima Besar Jenderal Soedirman atau Purbalingga adalah Bumi Soedirman. Harapannya branding ini akan lebih dikenal tidak hanya skup Jawa Tengah akan tetapi juga seluruh Indonesia dan dunia.

Komandan Kodim 0702/Purbalingga Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban Gaol menjelaskan Kirab Tandu ini bagian dari rangkaian Festival Jenderal Soedirman. Festival ini bertujuan untuk mengenang jasa Pahlawan Nasional Jenderal Soedirman.

"Perlu diketahui, Jenderal Soedirman adalah seorang pahlawan Indonesia, seorang Panglima Besar asal kelahiran Rembang, Purbalingga yang sangat masyhur di Indonesia,"katanya.

Dia menjelaskan, semangat patriotisme pejuang kemerdekaan harus tetap ditumbuhkan dalam generasi sekarang. Salah satunya dengan selalu mengingat jasa-jasanya dan meneladani semangat juang Panglima Besar jenderal Soedirman.

"Semangat perjuangan untuk saling bergotong-royong, saling menjaga saling membantu dan bertenggang rasa, harus tetap kita jaga dan kita rawat sehingga tujuan kita untuk membentuk Purbalingga yang maju, nyaman, aman tentram dan sejahtera dengan mudah kita capai bersama,”tandasnya.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut