Logo Network
Network

iOS 15 Hadir, Bawa Fitur Baru Safari ke iPhone, Yuk Simak

Tim iNews
.
Selasa, 15 Juni 2021 | 07:39 WIB
iOS 15 Hadir, Bawa Fitur Baru Safari ke iPhone, Yuk Simak
iOS 15 Bawa Fitur Baru Safari ke iPhone (Foto: Apple)

CUPERTINO, iNews.id - Apple telah mengumumkan kehadiran iOS 15. Sistem operasi Apple yang direncanakan meluncur musim gugur ini berjanji membawa banyak fitur baru ke browser Safari. 

Perubahan di Safari mencakup peningkatan ke privasi, ekstensi, tab, dan lainnya yang lebih baik. Seperti apa detail perubahan itu, berikut ini detailnya, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Selasa (15/6/2021).

1.Privacy

Untuk waktu yang lama, browser Safari Apple telah menggunakan ITP, atau pencegahan pelacakan cerdas. Tahun lalu, Apple meningkatkan ITP-nya dengan memblokir semua cookie pihak ketiga sebagai upaya untuk menghentikan pengiklan mana pun yang mengawasi aktivitas Anda. Tahun ini, Apple membawa peningkatan lain, kali ini menerapkan VPN bawaan untuk menyembunyikan alamat IP Anda dari pelacak pihak ketiga yang potensial, membuat mereka tidak dapat menentukan lokasi Anda atau bahkan menautkan aktivitas Anda di berbagai situs. Anda bahkan dapat melihat situs mana yang berusaha (dan diblokir dari) melacak Anda di Laporan Privasi Safari. Untuk mengakses Laporan Privasi Safari, ketuk AA di sebelah kiri bilah pencarian di Safari. Dari sana, pilih Laporan Privasi. (Laporan Privasi sekarang juga baru tersedia untuk semua aplikasi di Pengaturan > Privasi > Laporan Privasi.

2. Extensions

Apple juga membawa dukungan ekstensi web ke Safari di iPhone, yang seharusnya memberikan ruang besar untuk penyesuaian dan peningkatan pengalaman. Anda akan segera dapat menjalankan VPN browser favorit Anda di browser asli iPhone, atau meminta pengelola kata sandi Anda yang biasa secara otomatis mengisi kredensial untuk membuat hidup Anda lebih mudah.

3. Ubah Browser Background

Sesuaikan Halaman Awal Di iOS 15, Anda bisa mengubah tampilan background di belakang halaman Safari awal. Anda bisa melakukannya dengan mengunggah foto dari perpustakaan sendiri dan memilih dari pilihan gambar umum yang telah tersedia.  Selain itu, Anda juga memiliki opsi untuk sinkronisasi layouts halaman awal dan background agak tampak sama di semua perangkat Apple Anda, menggunakan iCloud. Anda bisa mengubah gambar dan layout Safari Start Page dengan mengetuk tombol edit yang ada di bagian bawah tab baru. 

 

4. New Tab Bar

Bilah tab baru sekarang muncul di bagian bawah setiap halaman Safari yang Anda buka. "Bar alamat" baru ini pada dasarnya memudahkan Anda untuk mengakses fungsi yang paling sering digunakan dengan ibu jari Anda, tanpa harus mengubah posisi tangan normal Anda saat menjelajah.

 

5. Safari Group Tab

Mengatur pemikiran Anda (dan tab) diatur menjadi lebih mudah dari sebelumnya dengan pengenalan fitur Tab Grup. Dengan ini, Anda sekarang dapat memisahkan tab ke dalam kategori—dengan cara ini Anda masih dapat membuka 34 tab, tetapi mudah-mudahan lebih mudah untuk dikelola. 

6. View Recently Closed Tabs

Menekan lama tombol + kecil di browser Safari (yang biasanya membuka tab baru), sekarang akan menampilkan daftar tab yang baru saja Anda tutup—menghilangkan kemungkinan menutup dan kehilangan sesuatu yang penting secara tidak sengaja untuk selamanya.

7. Site Menu Settings Baru

Anda sekarang memiliki akses ke beberapa pengaturan situs Safari baru. Anda dapat mengakses Menu Situs dengan mengetuk tiga titik di sebelah bilah alamat. Di sana, tepat di atas opsi "Tambahkan ke Bookmark", Anda sekarang juga memiliki "Terjemahkan Situs Web" (terjemahan instan ke bahasa apa pun), penyesuaian Ukuran Teks, dan Laporan Privasi (Laporan Privasi tepercaya Safari untuk situs tertentu).

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.