get app
inews
Aa Read Next : Viral Pidato Ahmad Munjizun Penggembala Kuda yang Sukses Raih Doktor di Amrik Bikin Meleleh

Telusur Sirkuit Mandalika yang Habiskan Dana Rp1,2 Triliun

Sabtu, 20 November 2021 | 07:15 WIB
header img
Presiden saat mencoba Sirkuit Mandalika

JAKARTA, iNews.id – Dana senilai Rp1,2 triliun telah digelontorkan untuk membangun Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Saat sekarang, Sirkuit Mandalika dipakai dalam ajang World Superbike (WSBK) Mandalika 2021 yang dimulai Jumat (19/11/2021) dan berakhir pada Minggu (21/11/2021).

Sirkuit yang memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit mengundang antusias warga sekitar seperti dikutip dari MNC Portal Indonesia.

Meski tidak bisa menonton secara langsung, namun warga ini rela naik ke atas bukit untuk menonton dari jauh balapan motor tersebut. Seperti video yang diunggah oleh akun ies_nrdlombok.

Di dalam video tersebut terlihat banyak warga sekitar yang berkumpul di luar area Sirkuit Mandalika untuk melihat arena balap motor tersebut. “Jiwa marketingku bergejolak melihat pemandangan seperti ini,” tulis pemilik video TikTok tersebut, Jumat (19/11/2021).

Postingan tersebut telah mengundang 2,9 juta penonton dan disukai lebih dari 121 ribu pengguna. Dengan video itu juga menuai banyak komentar.

Sirkuit Mandalika terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sirkuit ini memiliki panjang 4,31 km dengan total 17 tikungan. Akan tetapi, panjang tersebut sudah dikurangi dari rencana awal, yaitu 4,32 km dengan 19 tikungan.

Aspal sirkuit ini pun merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Sirkuit Mandalika memakai aspal teknologi terbaru, yaitu Stone Mastic Asphalt yang memiliki daya tahan yang kuat.  Selain itu, Sirkuit Mandalika juga bisa menampung hingga total 195.700 orang.

Akan tetapi, tempat duduk yang disediakan hanya mampu menampung 50.000 orang. Sirkuit Mandalika juga dikatakan mampu menampung sebanyak 40 garasi yang bisa dipakai oleh setiap tim balap. Tak heran jika sirkuit tersebut memiliki taraf internasional.

Fasilitas mumpuni di Sirkuit Mandalika bukan menjadi satu-satunya hal yang menarik perhatian dunia. Faktanya, sirkuit tersebut juga dihiasi dengan pemandangan laut biru yang indah dan mampu memanjakan mata. Hal tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para penonton yang ingin menyaksikan ajang balap sekaligus menikmati keindahan alam di Lombok.

Sekadar informasi, Advisor Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Dandossi Matram mengatakan, biaya pembangunan didapatkan dari investasi yang digulirkan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Di mana untuk pembangunan track linenya saja diinvestasikan kurang lebih sebesar Rp900 miliar, belum termasuk race control dan pit building.

"Untuk pembangunan sirkuitnya saja atau track linenya, diinvestasikan ITDC kurang lebih Rp900 miliar. Dan ini belum termasuk race control dan pit building, mungkin ada tambahan sekitar Rp200 miliar-Rp300 miliar lagi untuk membiayai fasilitas pendukung," urai Dandossi dalam Market Review di IDX Channel, Kamis (14/10/2021).

Kembali ia menegaskan, sumber dana yang dikucurkan untuk proyek ini tidak hanya dari ITDC saja melainkan ada juga pinjaman dan sebagian dari Penyertaan Modal Mandiri (PNM) untuk pengembangan pariwisata.

"Sumber pendanaan kita banyak dari ITDC dan juga ada dari PNM untuk pengembangan pariwisata kemudian bisa dipakai juga untuk meringankan beban biaya pembangunan sirkuit itu sendiri," jelas Dandossi.

 

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut