get app
inews
Aa Read Next : Willy Nekat Ajak Dokter Qory Kawin Lari di Papua, Beda Agama Hubungan Tak Direstui Orangtua

Asal Usul Tradisi Merariq, Kawin Lari Suku Sasak di Lombok

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 13:55 WIB
header img
Dalam tradisi Suku Sasak, kawin lari lebih terkesan pemberani dan kesatria, jadi berbeda dengan tradisi yang ada di daerah lain. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Indonesia terdiri dari berbagai suku, budaya dan tradisi yang berbeda-beda, perbedaan itu pula yang menjadikan tiap suku di Nusantara ini memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya tradisi kawin lari atau Merariq yang biasa dilakukan suku Susuk Sasak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dalam tradisi Suku Sasak, kawin lari lebih terkesan pemberani dan kesatria, jadi berbeda dengan tradisi yang ada di daerah lain. Lantas, seperti apa tradisi merariq atau kawin lari tersebut, berikut ulasannya.

Tradisi Kawin Lari Suku Sasak

Asal Usul Merariq

Melatiq merupakan tradisi Suku Sasak yang sudah ada sejak zaman dahulu dan jadi tradisi turun temurun dari nenek moyang mereka.

Tradisi ini sudah dijalankan sebelum masyarakat wilayah Lombok dikuasai Kerajaan Bali pada abad 18. Namun ada juga yang berpendapat bahwa tradisi ini merupakan hasil akulturasi dengan tradisi Bali.

Bagi masyarakat Lombok, jika ada anak gadis yang tidak pulang dalam waktu 1 kali 24 jam, berarti gadis tersebut sedang menjalani tradisi kawin lari. Tradisi ini dilegalkan di Lombok.

Praktik Merariq 

Melariq biasanya dilakukan oleh sepasang kekasih atas dasar saling sayang dan cinta tanpa paksaan dari orang lain. Sebelum melalukan tradisi ini, biasanya sepasang kekasih merencanakan terlebih dahulu kapan tradisi itu dilakukan. Pasangan yang melakukan melariq juga tidak boleh diketahui oleh orang tua pihak wanita.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut