get app
inews
Aa Read Next : Sosok Orang yang Bangkrut di Akhirat Kelak, AA Gym: Gara-gara Penyakit Hati

Mengetahui Kehidupan Setelah Kematian di Alam Barzakh, Sekat Antara Dunia dan Akhirat

Jum'at, 09 September 2022 | 12:30 WIB
header img
Ilustrasi alam barzakh. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Kematian atau meninggal dunia adalah berpindahnya roh (nyawa) dari tubuh (jasad) manusia. Roh manusia yang telah wafat tersebut tidak akan langsung menuju ke akhirat, tetapi akan lebih dulu mengalami kehidupan dan tinggal di alam barzakh hingga dibangkitkan kembali pada hari kiamat.

Dikutip dari mui.or.id, Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Nurul Irfan mengatakan bahwa alam barzakh sebagai sekat antara dunia dan akhirat. Di alam barzakh ini bukan lagi di dunia atau sudah menuju akhirat, melainkan perbatasan diantara keduanya.

Manusia-manusia yang menghuni alam barzakh dikatakannya dapat melihat alam dunia maupun akhirat. Selain itu, ada pula yang mengatakan bahwa alam barzakh adalah alam kubur, gerbang menuju akhirat.

Tapi bukan berarti manusia yang akan melalui alam barzakh adalah mereka yang jasadnya dikubur saja. Menurut Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA, pun kondisi jasad setelah meninggal ruhnya akan tetap mencapai alam barzakh.

"Tetap juga alam barzakh akan dijangkau bagi orang yang dimakan oleh binatang, tidak ditemukan potongan tubuhnya, orang yang habis terbakar, orang yang tenggelam di lautan, atau apa saja."

"Fisiknya sehancur apa pun tetap ruhnya akan sampai ke alam barzakh," jelas Ustadz Khalid Basalamah, dikutip dari kanal YouTube Dakwah Sunnah 15, Jumat (9/9/2022). 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut