get app
inews
Aa Read Next : Ini Alasan Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga

Sosok Orang yang Bangkrut di Akhirat Kelak, AA Gym: Gara-gara Penyakit Hati

Selasa, 26 Desember 2023 | 16:17 WIB
header img
Sosok Orang yang Bangkrut di akhirat Kelak, AA Gym: Gara-gara Penyakit Hati. Foto: YouTube Aa Gym Daily Vlog)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - KH Abdullah Gymnastiar, atau yang biasa disapa Aa Gym, mengungkapkan bahwa ada seseorang yang akan mengalami kebangkrutan di akhirat nanti. Konsep kebangkrutan dalam pandangan Islam ini memiliki perbedaan dengan kebangkrutan yang biasa kita kenal.

Dilansir dari Okezone, Aa Gym menjelaskan bahwa bangkrut dalam dunia ini berarti kehilangan semua harta dan kekayaan yang dimiliki. Namun, dalam Islam, ada pandangan yang berbeda untuk orang-orang yang akan mengalami kebangkrutan di akhirat nanti.

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam:

"Orang yang bangkrut dari umatku adalah mereka yang datang pada hari kiamat dengan banyak pahala sholat, puasa, zakat, dan haji. Tapi di sisi lain, dia juga mencaci orang, menyakiti orang, memakan harta orang (secara bathil), menumpahkan darah, dan memukul orang lain. Dia kemudian diadili dengan cara membagi-bagikan pahalanya kepada orang yang pernah dizaliminya. Ketika telah habis pahalanya, sementara masih ada yang menuntutnya, maka dosa orang yang menuntutnya diberikan kepadanya. Akhirnya, dia pun dilemparkan ke dalam neraka." (HR Muslim, Tirmidzi, dan Ahmad)

Dalam hadits tersebut, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam telah memberikan peringatan kepada umatnya agar menjauhi tindakan yang dapat merugikan diri sendiri, sebagaimana seseorang yang akan mengalami kebangkrutan di hari kiamat nanti.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut