get app
inews
Aa Read Next : Ini Respon Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfhi yang Diisukan Maju Cagub

4 Pati Jenderal Polisi Termuda dalam Sejarah Polri, Nomor 4 Kalahkan Tito Karnavian

Sabtu, 10 September 2022 | 08:30 WIB
header img
Pangkat perwira tinggi (pati) jenderal polisi merupakan jenjang tertinggi di Polri. Foto/MNC Media

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Pangkat perwira tinggi (pati) jenderal polisi merupakan jenjang tertinggi di Polri. Golongan perwira ini mulai dari Brigjen, Irjen, Komjen hingga yang paling tinggi jenderal polisi.

Pangkat ini juga berpengaruh terhadap jabatan yang diemban nantinya, semakin tinggi pangkat akan semakin tinggi pula jabatan. 

Menyandang pangkat jenderal di Polri tandanya seorang anggota polisi telah mencapai titik tertinggi dalam perjalanan karirnya. 

Terlebih bila pangkat jenderal polisi ini disandang di kala usia yang terbilang muda. Karena sebuah pangkat akan didapatkan bila memiliki berbagai prestasi yang menopangnya. 

Berikut ini empat Jenderal Polisi termuda sepanjang sejarah Polri : 

1. Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan 
Purnawirawan polisi kelahiran 11 Desember 1959 ini sempat tercatat sebagai Jenderal termuda di Polri. Ketika itu dia mendapatkan pangkat Brigadir Jenderal ketika menjadi Kepala Biro Pembinaan Karier (Karo Binkar) Mabes Polri. 

Kala itu Budi masih berusia 45 tahun. Dia juga merupakan lulusan Akpol tahun 1983. Ketika masih aktif dalam bertugas dia pernah menjadi Ajudan Megawati Soekarnoputri yang saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden. Saat ini dia menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut